Enggak Cuma Bikin Adem, Ini Deretan Manfaat Es Batu yang Perlu Kamu Tahu

Selain membuat minuman jadi lebih segar, es batu ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Penasaran, simak ulasan berikut ini!

Bicara soal es batu , mungkin hal pertama yang terbayang di kepalamu adalah gumpalan-gumpalan air beku yang bakal minumanmu terasa lebih menyegarkan. Namun tahukah kamu bahwa es batu ternyata juga memiliki manfaat lain, baik untuk kecantikan maupun kesehatan?

Es batu sendiri sudah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan. Kini, seiring waktu, dunia kecantikan dan medis pun mengembangkan berbagai teknik penggunaan es batu untuk berbagai keperluan. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut!

Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Sejak lama, es batu digunakan sebagai kompres wajah, untuk membantu mengecilkan pori-pori. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengompres wajah dengan es batu secara teratur setiap pagi. Selain mengecilkan pori-pori, hal ini juga bisa membantu menghidrasi kulit sehingga tampak lebih segar. Meski demikian, jangan berlebihan melakukannya agar dinginnya tidak sampai melukai kulit.

Mengatasi Bengkak dan Nyeri

Manfaat Es Batu (via Kompas)

Menurut berbagai sumber, suhu dingin pada es batu bisa menjadi painkiller alami yang membantu meredakan rasa sakit. Jika muncul bagian yang bengkak, baik di kaki, gusi, dan bagian lain, kamu bisa menggunakan es batu sebagai kompres. Gunakan selama 15-20 menit, dan ulangi setiap satu jam. Lakukan secara teratur hingga bengkak dan nyeri mereda.

Membantu Menyamarkan Mata Panda

Manfaat Es Batu (via Republika)

Mata panda yang muncul akibat kelelahan dan pengaruh kosmetik pasti sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kompres es batu. Gunakan waslap untuk membungkus es, kemudian tempelkan pada bagian di bawah mata. Jika menggunakanannya secara teratur, masalah mata panda akan mereda secara perlahan.

Mengatasi Gigitan Serangga

Manfaat Es Batu (via KapanLagi)

Racun serangga seringkali meninggalkan rasa tidak nyaman, mulai dari bengkak, gatal, dan nyeri. Gigitan nyamuk biasa mungkin bisa kamu atasi dengan mudah dengan lotion, namun bagaimana dengan bengkak akibat sengatan lebah atau hewan berbahaya lain?

Tenang, kamu bisa menjadikan kompres es batu sebagai pertolongan pertama. Suhu dingin akan membantu meredakan bengkak dan nyeri. Kamu bisa menempelkan es batu yang terbungkus kain pada bagian yang sakit, dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Terapi Radang Sendi

Manfaat Es Batu (via Line Today)

Selain manfaat di atas, banyak orang menggunakan es batu sebagai cara untuk terapi radang sendi. Caranya cukup dengan menjadikannya sebagai kompres atau mencelupkan bagian yang sakit dalam baskom berisi air es. Jika dilakukan secara teratur, radang sendi dipercaya akan berkurang.

Itulah beberapa manfaat es batu  yang perlu kamu tahu. Selain menyegarkan, ternyata blok-blok mungil ini bisa menjadi solusi untuk berbagai masalah kecantikan dan kesehatan. Selamat mencoba!

Manfaat Es Batu (via Detik)