Hari Musik Nasional dan Hari Perempuan Indonesia, Dua Momen Penting pada 9 Maret

Tanggal 9 Maret adalah perayaan Hari Musik Nasional dan Hari Perempuan Indonesia. Bagaimana masyarakat kita merayakannya?

Setelah perayaan International Women's Day pada 8 Maret kemarin, hari berikutnya juga menjadi momen penting. Pasalnya, ada dua momen yang dirayakan pada tanggal 9 Maret 2022, yaitu Hari Musik Nasional dan Hari Perempuan  Indonesia.

Bagi masyarakat Indonesia, dua momen tersebut tentunya menjadi hal yang sama-sama penting. Hari Musik Nasional menjadi momen selebrasi untuk para penggiat musik yang hingga kini terus berkembang di Indonesia, semakin tak terpisahkan dari masyarakat kita.

Penetapan Hari Musik Nasional sendiri memang bukan tanpa dasar. Tanggal 9 Maret adalah hari kelahiran komponis Indonesia, Wage Rudolf Soepratman, yang tak lain adalah pencipta lagu kebangsaan negara kita, Indonesia Raya. Hal ini memang sudah ditetapkan secara resmi oleh Megawati Soekarnoputri saat masih menjabat sebagai Presiden RI.

WR Soepratman sendiri lahir pada tahun 1903 dan menjadi sosok yang penting di eranya. Dia dikenal sebagai guru, wartawan, komponis, dan pemain biola. Sayangnya, dia meninggal dunia pada tahun 1838 karena sakit. Saat itu usianya masih 34 tahun.

Hari Musik dan Hari Perempuan (via Yukepo)

Selain itu, Hari Perempuan Nasional juga menjadi momen yang tak kalah penting. Pada tanggal ini, wanita-wanita Indonesia berkesempatan untuk merayakan eksistensinya sebagai sosok yang sangat penting bagi perkembangan bangsa dan negara.

Momen ini menjadi kesempatan untuk mengingat jasa-jasa para ibu, wanita karir, dan semua perempuan yang bekerja di bidangnya masing-masing. Tak ada lagi diskiriminasi karena saat ini posisi perempuan telah diakui dan mendapat kesempatan yang sama dengan pria.

Hari Musik dan Hari Perempuan (via Liputan6)

Meski demikian, Hari Musik Nasional dan Hari Perempuan  Indonesia bukan sebuah akhir. Musik Indonesia hingga saat ini masih kerap menemukan jalan buntu karena banyaknya pembajakan, sedangkan perempuan Indonesia juga masih sering mendapatkan perlakuan tidak adil di masyarakat. Karenanya, semua pihak harus terus berjuang demi kehidupan yang lebih baik.

Hari Musik dan Hari Perempuan (via Popbela)