Resep Matcha Lava Cake, Dessert Creamy yang Nikmatnya Bikin Mupeng

Resep Matcha Lava Cake, Dessert Creamy yang Nikmatnya Bikin Mupeng

Matcha merupakan jenis teh hijau bubuk dari Jepang yang umumnya disajikan dalam bentuk minuman yang diseduh. Namun, seiring eksistensinya yang kian naik daun, matcha kini juga mulai dikreasikan untuk beraneka hidangan.

 

Salah satu kreasi hidangan mewah ala restoran yang berbahan matcha, yaitu matcha lava cake. Dessert creamy yang bisa jadi santapan pembangkit mood ini ternyata cukup mudah dibuat dengan cara yang praktis, lho!

Nah, penasaran gimana resep simple matcha lava cake ala rumahan? Yuk, simak ulasannya berikut ini

Bahan-Bahan:

10 gram bubuk matcha

30 gram tepung terigu

3 sdm margarin, lelehkan

80 gram white chocolate

1 butir telur

gula pasir secukupnya

Resep Matcha Lava Cake (KL Foodie)

Cara Membuat:

1. Nyalakan kompor terlebih dahulu, lalu letakkan panci di atasnya. Masukkan margarin, kemudian panaskan hingga meleleh. Jangan lupa potong cincang white chocolate. Lalu, sisihkan.

2. Jika margarin sudah mulai meleleh, angkat dan matikan kompor. Masukkan potongan cokelat ke dalam margarin, aduk hingga meleleh. Usahakan jangan melelehkan cokelat langsung di atas api, ya!

3. Siapkan wadah terlebih dahulu, kemudian masukkan tepung terigu, gula pasir, dan bubuk matcha. Lalu, aduk hingga rata. Jika sudah, saring semua bahan dan letakkan di wadah yang berbeda.

4. Masukkan telur yang telah dikocok terlebih dahulu secara bertahap sedikit demi sedikit. Jangan lupa sambil diaduk terus-menerus menggunakan whisk hingga tercampur rata.

5. Jika adonan pertama sudah tercampur merata, tambahkan margarin dan coklat yang telah dilelehkan terlebih dahulu. Aduk kembali menggunakan whisk.

6. Jika adonan sudah lembut dan semua bahan tercampur sempurna, saatnya diamkan di dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam.

7. Keluarkan adonan dari dalam kulkas, lalu tuang adonan kue ke dalam mug yang tahan panas sebagai cetakan. Jangan lupa olesi terlebih dahulu mug dengan mentega dan bubuk matcha atau dapat juga menggunakan tepung.

8. Nyalakan api kompor, lalu letakkan alat kukus di atasnya. Tunggu beberapa saat hingga air di dalamnya mulai mendidih. Masukkan mug berisikan adonan kue ke dalam alat kukus. Tutup kembali dan kukus kurang lebih selama 10 menit hingga kue matang. Sajikan.

Gimana, hidangan dessert manis satu ini terbilang cukup mudah untuk disajikan, bukan? Buat kamu yang lagi bosen nggak ada kegiatan, boleh nih bikin sajian manis satu ini di rumah. Selamat mencoba!

Resep Matcha Lava Cake (Reddit)