Tentang Nenek Lampir: Legenda dan Asalnya, Ternyata Bukan Dari Gunung Merapi!

Kalian tahu Nenek Lampir? Itu lho yang ada di serial Misteri Gunung Merapi. Nah, berikut adalah fakta tentang sosok ini.

Nenek lampir atau lebih dikenal menggunakan panggilan Mak Lampir mulai dikenal semenjak dijadikan sebagai salah satu karakter dalam laga Misteri Gunung Merapi yg ditayangkan pada Indosiar. Tentu saat serial itu ditayangkan, Indosiar masih asik menyajikan laga yang berkisah tentang konflik garuda di atas sekolah negeri kekinian. Nggak nyambung? Apalagi kini , judul-judul sensasionalnya tentang azab malah bikin sengsara batin dan pikiran! 

Nenek Lampir memang lebih dikenal sebagai karakter dari Misteri Gunung Merapi. Dan sekalipun serial itu berlatarbelakang sejarah, eits, jangan percaya begitu saja ya apabila sosok ini memang dari sana. Sosoknya yang jahat dan selalu tertawa menakutkan ini dipercaya memang ada dan pernah hidup di dunia. Namun, bukan di Gunung Merapi, melainkan pada daerah lain. 

Yuk kita simak mengenai fakta yang berkaitan dengan nenek Lampir. Semoga bisa berguna memberi pemahaman baru bagi para penyuka sejarah Indonesia, ya. 

Awalnya nenek Lampir itu populer karena kecantikannya 

Menurut catatan sejarah, Nenek Lampir adalah galat satu puteri yg dari berdasarkan Kerajaan Champa. Kerajaan ini diketahui pernah berkuasa atas beberapa daerah pada Asia Tenggara, yakni Vietnam Tengah dan Selatan pada abad ke-7. 

Mak Lampir (youtube.com)

Nah, suatu hari, Nenek Lampir jatuh cinta dengan insan harimau yang dikenal menggunakan nama Datuk Panglima Kumbang. Dan sebagaimana romansa yg tragis, perasaan keduanya nggak mendapat restu menurut ke 2 orangtua. 

Kisah cinta yang berakhir dengan tragis 

Oleh karena itu, Nenek Lampir langsung menetapkan buat bertapa di bawah Gunung Merapi. Dan semasa pertapaan, dirinya bertemu menggunakan pertapa lain yang nantinya menjadi guru Nenek Lampir dan mengajarinya semua ilmu kesaktian.

Kecantikan nenek Lampir (youtube.com)

Lantaran kesaktiannya itu jua, kala Nenek Lampir mengetahui orang yg dicintainya tewas pada peperangan dan ternyata juga menyimpan rasa kepada nenek Lampir, maka dirinya berusaha buat membangkitkan Datuk Panglima Kumbang dari kematian. Konon Nenek Lampir berhasil membangkitkan Datuk Panglima Dari kematian. 

Akibat menggunakan kesaktiannya buat membangkitkan orang yg sudah mati, Nenek Lampir mendapat konsekuensinya. Hal ini membuat wajahnya menjadi buruk rupa.

Saat Datuk Panglima membuka mata, yang ia lihat pertama kali merupakan sosok Nenek Lampir. Salah sangka, Datuk Panglima malah menyerang Nenek Lampir. Dan berawal menurut pertempuran itulah, Mak Lampir dikenal sebagai sumber berdasarkan segala kejahatan dan petaka yg terjadi di Gunung Merapi. 

Nenek Lampir menurut asal-asal lainnya 

Menurut sumber-sumber lain, dikisahkan bahwa Nenek Lampir adalah wanita yang berkeinginan buat mempunyai hidup abadi. Oleh karenanya dirinya pun memantabkan hati dan niat untuk bekerja sama dengan jin dan setan. 

Nenek Lampir (youtube.com)

Dari komplotan tersebut, Nenek Lampir berhasil mencapai hidup abadi hingga berusia ratusan tahun dan memperoleh sebutan Mak Lampir. Selain itu, semasa hidupnya, Mak Lampir diketahui berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Lalu, dirinya pun mendirikan Kerajaan Setan yg berada di puncak Gunung Merapi. Dan kerajaan inilah yang menjadi asal keangkeran dari Gunung Merapi yang masih dianggap warga hingga saat ini.

Gunung Merapi meletus (youtube.com)