Contoh Rumusan Masalah Makalah dan Pengertiannya, Tugas Sekolah Kelar!

Akhir semester mendekat, tugas pun merapat. Yuk simak contoh rumusan masalah makalah di bawah. Bisa jadi solusi buat kesulitan kalian, gengs.

Kegiatan belajar dan mengajar untuk anak sekolah mulai mendekati semester akhir. Biasanya, masa-masa seperti ini kalian akan diribetkan dengan pekerjaan rumah yang menumpuk. Dan salah satu yang kalian cari untuk tugas adalah contoh rumusan masalah makalah. Benar, kan? 

Sebelum mulai masuk ke contoh rumusan masalah makalah, tentu ada baiknya jika kalian memahami dulu pengertiannya. Dengan begitu, saat kalian ditanyain oleh guru nggak akan kebingungan. Tanpa berlama-lama, yuk simak dulu uraian di bawah. 

Udah tau pengertiannya? 

Rumusan masalah adalah penjabaran dari identifikasi sebuah masalah dan pembatasan dalam sebuah masalah. Maksudnya apa? 

Jadi umumnya rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan yang lengkap dan sangat rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi masalah. 

Anak mengerjakan PR (orami.co.id)

Rumusan masalah yang baik dan benar berarti telah menjawab setengah pertanyaan dari suatu permasalahan. Jadi, jika kalian mencari contoh rumusan makalah, pahami dulu kalimatnya, ya. Jangan sampai menjadikan hal yang salah sebagai contoh. 

Masalah yang sudah dirumuskan dengan baik tidak hanya dapat membantu memusatkan pikiran kita, melainkan juga dapat mengarahkan cara berpikir kita terhadap suatu masalah yang akan dipecahkan. 

Rumusan masalah juga ada jenis-jenis, lho. 

Nah, untuk penelitian ilmiah, rumusan masalah terbagi dalam 3 jenis. Jenis rumusan ilmiah tersebut antara lain: rumusan masalah deskriptif, rumusan masalah komparatif dan rumusan masalah asosiatif.

Mengerjakan PR (heppymoon.wordpress.com)

Rumusan masalah deskriptif merupakan suatu rumusan masalah yang berkaitan dengan pertanyaan terhadap keberadaan sebuah variabel atau lebih. Jadi dalam sebuah penelitian tidak membuat perbandingan antara variabel yang satu dengan yang lainnya. Penelitian semacam ini dinamakan sebagai penelitian deskriptif. 

Rumusan masalah komparatif merupakan rumusan masalah penelitian yang membandingkan suatu variabel atau lebih dengan variabel yang lainnya. Biasanya, banyak contoh rumusan masalah yang ada di Mbah Google menggunakan jenis ini. 

Anak semangat mengerjakan PR (sekolahmenyenangkan.org)

Yang ketiga adalah rumusan masalah asosiatif. Rumusan ini bersifat menampilkan hubungan antara dua variabel atau bahkan lebih. Setelah ditampilkan tentu keduanya akan dicari persamaan maupun perbedaan. Sehingga bisa dicari benang merahnya. 

Contoh rumusan masalah, gas gengs! 

Nah, di bawah ini adalah contoh rumusan masalah untuk penelitian pergaulan bebas di kalangan remaja. Berdasarkan tema, kalian harus bisa menjabarkan arti pergaulan bebas, yang dimaksud dengan pergaulan remaja, dan apa makna dari pergaulan bebas dari kalangan remaja. Contohnya di bawah, ya. 

Anak mengerjakan PR (aw-abg-indonesia.com)

Itulah contoh rumusan masalah makalah.  So, ucapkan selamat tinggal untuk kesulitan mengerjakan tugas, ya. Selamat mengerjakan, gengs.

Contoh rumusan masalah makalah (google.com)