5 Makanan Khas Solo Yang Terkenal Menggugah Selera, Kamu Sudah Pernah Coba?

5 Makanan khas Solo yang sudah terkenal dimana-mana, mulai dari tengkleng sampai tahu kupat.

Solo  atau Surakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Tidak hanya menyimpan banyak destinasi wisata, Solo juga memiliki banyak kuliner khas yang wajib kamu coba. Ciri dari makanan khas  Solo adalah penggunaan bumbu yang membuat aromanya begitu khas dan nikmat. Soal rasa, kuliner Solo memiliki cita rasa yang gurih dan agak manis. Berikut 5 makanan khas Solo yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang mau liburan ke Solo.

1. Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba. Rasanya belum ke Solo, kalau belum mencoba tengkleng. Kuliner sejenis sup berbahan dasar tulang kambing ini, sudah terkenal sejak zaman Belanda dulu. Tekstur tengkleng hampir mirip dengan dengan gulai kambing, namun kuahnya dibuat lebih encer. Saat ini, ada juga pilihan tengkleng dengan sedikit kuah.

Di Solo ada banyak sekali warung tengkleng yang terkenal, salah satunya adalah langganan Presiden Jokowi, yaitu tengkleng Bu Diah. Selain jadi langganan presiden, tengkleng Bu Diah juga memiliki menu khas yaitu tengkleng kepala kambing. Makanan ini memiliki kuah yang gurih dengan rasanya kuat dan porsi melimpah. Karena jadi langganan presiden, tengkleng Bu Diah ini juga sudah terjamin mutunya.

2. Selat Solo

Foto: Makan Khas Solo (Indozone)

Selain tengkleng, selat Solo juga menjadi kuliner khas yang harus dicicipi. Makanan ini sering disebut sebagai salad-nya Jawa tengah. Selat Solo terdiri daging dan juga sayuran rebus, sangat mirip dengan hidangan steak ala Barat. Sajian ini merupakan perpaduan antara sajian khas solo dan Eropa.

3. Nasi Liwet

Foto: Makan Khas Solo (Detik)

Kalau Yogyakarta terkenal dengan Nasi Gudeg, Solo juga punya kuliner khas bernama nasi liwet. Makanan ini terdiri dari nasi yang dimasak menggunakan campuran santan lalu disajikan dengan daun pisang ditambah lauk berupa suwiran ayam, telur pindang hingga sayur labu siam. Rasanya pun gurih dan pastinya mengenyangkan. Wajib banget dicoba deh!

4. Timlo Solo

Foto: Makan Khas Solo (TripZilla Indonesia)

Timlo merupakan makanan khas Solo yang menggabungkan antara sup dan soto. Kuliner ini juga terdiri dari semur telur bebek, daging ayam, sosis solo, martabak telur dan juga ati ampela. Timlo disajikan dengan kuah yang memberikan sensasi hangat dan segar saat disantap, cocok untuk kalian yang sudah lelah berkeliling Solo seharian.

5. Tahu Kupat Solo

Foto: Makan Khas Solo (Kompas)

Saat berkunjung ke Solo, kamu pasti dengan mudah menemukan menu Tahu Kupat bahkan dijual di pinggir jalan. Ini karena tahu kupat adalah makanan khas Solo yang sudah melegenda sejak puluhan tahun. Tapi, sajian Tahu Kupat Solo berbeda dengan Tahu Kupat lainnya, karena terdapat potongan bakwan, kembang kol dan juga midan di setiap sajiannya.

Foto: Makan Khas Solo (IDN Times)