7 Makanan Khas Klaten Yang Terkenal Menggiurkan Untuk Dicoba, Nomor 4 Sudah Tersebar di Sejumlah Daerah

7 makanan khas Klaten yang paling terkenal, salah satunya Sop Ayam Pak Min yang sudah tersebar di sejumlah daerah.

Masing-masing daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas kulinernya  tersendiri. Mulai dari bumbu dan bahan yang digunakan menyesuaikan selera rasa masyarakat yang berbeda-beda setiap daerah. Begitupun dengan Kabupaten Klaten, yakni salah satu daerah di Pulau Jawa yang terletak di antara Solo dan Yogyakarta.

Sebagian besar makanan  khas Klaten memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Kuliner itu juga dijual dengan harga yang ekonomis dan dijamin tidak membuat dompetmu jebol. Lantas apa saja makanan khas Klaten itu? Simak daftarnya berikut ini.  

1. Nasi Tumpang Lethok

Menu nasi tumpang lethok menyajikan nasi putih dengan sayuran dan telur rebus yang disiram dengan kuah sambal tumpang atau sambal lethok. Sambal yang terbuat dari campuran tempe, cabai dan santai ini memiliki cita rasa khas dan memberikan rasa gurih sangat pas jika disantap dengan nasi hangat. Kamu yang penasaran dengan menu ini bisa menemukannya di sepanjang Jalan Mayor Kusmanto, Kelurahan Semangkak, Klaten Tengah. Biasanya warung nasi tumpang lethok ini dibanderol dengan harga Rp9.000 sampai Rp15.000.

2. Ayam Panggang Klaten

Foto: Makanan Khas Klaten (Radar Solo)

Kuliner khas Klaten lainnya adalah ayam panggang Klaten. Makanan ini terasa spesial karena dimasak dengan bumbu areh yang terbuat dari berbagai macam rempah dan santan. Bumbu areh ini yang dilumurkan pada ayam lalu dimasak dengan cara diungkep sampai semua bumbu meresap dengan sempurna. Setelahnya, ayam baru dipanggang dan disajikan dengan nasi hangat. Cita rasa manis sedikit gurih akan memanjakan lidah kamu dari sajian ayam panggang ini. Salah satu warung yang terkenal adalah Ayam Panggang Ny. Anggriani yang terletak di Jalan Rajawali, Gang Beruang No. 5, Klaten, Jawa Tengah.

3. Soto Bebek dan Bebek Goreng

Foto: Makanan Khas Klaten (Riau Mandiri)

Selain ayam panggang, ada juga soto bebek dan bebek goreng khas Klaten yang banyak digemari wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar yang berlokasi di Jalan Mayor Kusmanto. Bebek ini memiliki rasa yang gurih, manis dan teksturnya lembut, karena dimasak dengan cara dibacem lalu di goreng. Sementara itu, berbeda dari sajian soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau daging sapi, soto Bu Sabar menggunakan daging bebek bacem sebagai bahan utamanya. Kuah soto bening bumbu rempah yang segar ini semakin pas dipadukan dengan bebek bacem yang gurih.

4. Sop Ayam Pak Min

Foto: Makanan Khas Klaten (Kompas)

Makanan khas Klaten berikutnya yang legendaris dan sangat populer adalah Sop Ayam Pak Min. Kuliner ini sudah sangat lekat dengan Kabupaten Klaten. Bahkan kini warung Sop Ayam Pak Min sudah dibuka di berbagai daerah lainnya, termasuk kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Jika kamu datang ke tempat makan ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan menu, mulai dari sop ayam campur maupun sop ayam pisah yang berisi bagian kulit, daging, atau kepala ayam. Hal yang menarik dalam sajian sop ayam ini adalah kuah bening yang berasal dari kaldu ayam kampung. Kuah ini memiliki cita rasa gurih dan aroma rempah khas yang berbeda dengan menu sop lainnya.

5. Rumah Makan Bu Mayar

Foto: Makanan Khas Klaten (Solopos)

Kuliner Klaten yang juga tidak boleh dilewatkan untuk dicoba adalah rumah makan Bu Mayar. Rumah makan ini terkenal dengan sajian ayam goreng khas yang sangat empuk dengan sayur trancam yang menjadi menu spesial bagi para pengunjungnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati menu makanan lezat lainnya, seperti ayam bakar, pecel lele, nasi remes atau gudeg, aneka oseng-oseng, seperti sayur kerecek, kering kentang, oseng ati, oseng pepaya hingga jamur. Buat kamu yang ingin mencobanya, rumah makan ini terletak di Jl. Jogja – Solo km 4, Ngaran Mlese, Klaten. Rumah makan Bu Mayar ini juga punya ruangan dan halaman yang luas sehingga sangat cocok sebagai tempat pemberhentian saat kamu berwisata bersama-sama keluarga maupun teman-teman. 

6. Bakmi Miroso

Foto: Makanan Khas Klaten (Garnesia)

Kuliner satu ini wajib banget untuk kamu coba saat berkunjung ke Kota Klaten. Bakmi Miroso sendiri adalah olahan sejenis chinese food halal dan mudah ditemukan di daerah Klaten. Bakmi Miroso berisi ayam koloke, nasi goreng dan mie pangsit. Ketiga varian makanan tersebut dibuat menggunakan resep turun temurun yang sudah pasti nikmat. Rasa pedas dan gurih yang diperoleh dari berbagai macam olahan tersebut membuat lidah terpuaskan dan membuat kamu ingin terus mencobanya.

7. Kepel

Foto: Makanan Khas Klaten (Tripadvisor)

Berbeda dari kuliner lainnya, kepel merupakan camilan ringan yang berasal dari Kecamatan Pedan, Klaten, Jawa Tengah. Kepel dibuat dari campuran tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Semua bahan dicampur menjadi satu lalu dibentuk bulat kecil dengan tekstur yang sedikit tidak rata sebelum akhirnya digoreng sampai kering dan renyah di bagian luar. Kepel ini semakin nikmat jika disajikan dengan saus sambal pedas. Kepel ini juga sangat mudah ditemukan di pinggir jalan jika kamu berkunjung ke wilayah Pedan.

Foto: Makanan Khas Klaten (Sonora.id)