Jangan Pakai Mesin Cuci, Gini 5 Cara Efektif Merawat Celana Jeans Agar Tahan Lama dan Gak Pudar

5 cara efektif dalam merawat celana jeans agar tahan lama dan warnanya tidak mudah pudar, salah satunya jangan mencuci di mesin cuci.

Sebagian dari kamu tentu memiliki celana jeans  kan?  Celana Jeans atau denim  merupakan salah satu fashion item yang tidak lekang oleh waktu dari masa ke masa. Walaupun selalu dipakai, celana jeans tidak terlihat kuno, justru bisa dipadu padankan dengan tampilan apapun. Oleh karena itu, punya celana jeans dengan kualitas terbaik itu sangat penting agar bisa digunakan jangka panjang.

Tapi ternyata, merawat celana jeans tidak boleh sembarangan dan dibutuhkan perhatian khusus. Hal ini agar celana jeans terlihat seperti baru, tidak mudah kusam, mengkerut ataupun pudar warnanya. Lantas bagaimana cara merawat celana jeans? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Terlalu sering mencuci dengan menggunakan mesin cuci akan membuat celana jeans cepat melar dan pudar. Cuci dengan tangan bisa membantu menjaga kualitas serat dan warna denim. Mungkin beberapa dari kamu berpikir sulit mencuci celana jeans pakai tangan. Padahal, caranya gampang kok. 

Kamu cukup gunakan air dingin yang sudah dicampur dengan setengah sendok teh detejen. Kemudian, masukkan celana atau pakaian denim yang sudaj dibalik ke dalam air deterjen. Diamkan selama satu jam sebelum dibilas dengan air dingin. Setelahny, celana jeans cukup digantung sampai kering

2. Jangan Sering Dicuci

Celana jeans juga tidak perlu sering dicuci. Hal ini agar warna denim tetap awet. Jika memang harus dicuci karena sudah dipakai terlalu lama, sebaiknya rendam denim terlebih dahulu ke dalam air yang sudah dicampur garam. Diamkan selama satu jam kemudian baru dicuci terpisah dari pakaian lain.

3. Gunakan Air Dingin

Foto: Celana Jeans (Cosmopolitan)

Air dingin adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan kotoran dari denim kamu. Cuci dalam keadaan bagian celana jeans sudah dibalik. Untuk denim yang baru pertama kali dicuci, tambahkan dua sendok makan garam untuk mengikat warna denim sehingga tidak mudah pudar di pencucian selanjutnya.

4. Jangan Gunakan Pemutih dan Sikat Cuci

Saat mencuci celana jeans, jangan terlalu sering menggunakan sikat. Hal ini hanya akan merusak dan membuat celana jeans kamu melar. Cukup dibilas saja. Tapi jika ada noda membandel, kamu bisa menggunakan sikat hanya di bagian yang terkena noda secara perlahan sampai hilang, 

Tidak hanya itu, penggunaan pemutih (bleach) juga akan membuat warna denim pudar serta merusak bahan dan seratnya. Oleh karena itu, jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda. Sekalipun denim milikmu berwarna putih, tetap hindari dicuci menggunakan pemutih ya! Pasalnya, nanti warna putih pada denim akan berubah menjadi kekuningan dan tidak enak lagi dipandang. 

5. Keringkan secara alami

Foto: Celana Jeans (Line Today)

Jangan gunakan mesin pengering untuk mengeringkan denim . Cukup gantungkan celana jeans di dalam ruang atau di balkon rumah serta jauh dari sinar matahari langsung. Menjemur di bawah matahari hanya akan membuat celana jeans  kamu pudar. Semoga bermanfaat ya!

Foto: Celana Jeans (Liputan6)