Bye Insomnia! 4 Olahraga Ini Bantu Tidur Nyenyak dan Meningkatkan Kualitas Tidur

4 olahraga mengatasi insomnia, membantu tidur nyenyak dan meningkatkan kualitas tidur.

Pernahkah kamu mengalami susah tidur  padahal sudah lelah seharian bekerja? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda kamu mengalami insomnia . Gangguan tidur alias insomnia di malam hari adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan tidur. Hal ini akan berdampak pada aktivitas penderitanya pada keesokan harinya. 

Jika insomnia dibiarkan terjadi terus-menerus tentu akan mengganggu kesehatan tubuh. Apalagi di masa ketidakpastian pandemi ini, semakin banyak alasan untuk sulit tidur. Untuk mengatasi kesulitan tidur ini, beberapa orang memilih menelan obat sebagai jalan keluarnya. Padahal, ada cara lain yang bisa membantu untuk menghilangkan kesulitan tidur, salah satunya olahraga . Berikut 4 olahraga yang bisa mengatasi insomnia.

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa mengatasi masalah insomnia. Pose-pose yang dilakukan dalam olahraga yoga membuat tubuh lebih rileks. Tidak hanya itu, latihan pernafasan juga dilakukan bersamaan dengan rangkaian gerakan yang menenangkan. Sehingaga yoga bisa diandalkan untuk insomnia, terutama jika faktor penyebabnya adalah stres. Kamu bisa melakukan yoga secara rutin setiap hari selama delapan minggu berturut-turut.

2. Aerobik atau Cardio

Foto: Olahraga Untuk Insomnia (Orami)

Aktivitas olahraga yang meningkatkan detak jantung juga dipercaya bisa mengatasi insomnia. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan olahraga seperti aerobik, lari, sepeda, atau berenang selama 10-20 menit. Lakukan olahraga ini beberapa jam sebelum waktu tidur agar bisa tidur lebih nyenyak. Khusus untuk aerobik, kamu bisa mencoba sesi 30 menit dengan intensitas sedang pada malam hari. Untuk mendapatkan manfaatnya, olahraga ini bisa kamu lakukan tiga kali dalam seminggu.

3. Peregangan

Foto: Olahraga Untuk Insomnia (SehatQ)

Melatih otot dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu tidur lebih cepat serta mengurangi intensitas terbangun tengah malam. Jadi cobalah lakukan latihan mulai dari pengencangan bahu, bicep curls, tricep dips, squat, lunges, sit-up, dan push-up satu jam sebelum tidur setiap hari. Masing-masing gerakan peregangan dilakukan dengan 2 kali 8 atau 16 kali. 

4. Jalan Santai

Foto: Olahraga Untuk Insomnia (KlikDokter)

Jalan santai atau jogging juga bisa mengatasi masalah insomnia loh! Lakukan olahraga jalan santai di pagi hari agar tubuhmu terpapar sinar matahari dengan durasi 15 menit atau lebih. Kebiasaan berjemur di bawah matahari pagi juga bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur lebih baik. 

Foto: Olahraga Untuk Insomnia (Alodokter)