5 Sosok Pangeran Brunei Darussalam Pewaris Tahta Kesultanan, Nomor 4 Sukses Bikin Kaum Hawa Meleleh

Berikut 5 sosok pangeran Brunei Darussalam yang menjadi pewaris tahta kesultanan, seperti diantaranya Pangeran Abdul Mateen, Pangeran Abdul Wakeel.

Kesultanan Brunei Darussalam  belakangan viral di media sosial. Banyak netizen yang tertarik dengan kehidupan para pewaris tahta kesultanan Brunei Darussalam, terlebih dengan para pangerannya. Diketahui, Raja Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki lima orang putra dari tiga istrinya. Siapa saja mereka? Simak sampai habis ya!

1. Pangeran Al-Muhtadee Billah bin Hassanal Bolkiah

Pangeran Billah lahir pada 17 Februari 1974. Dia adalah putra pertama sekaligus pewaris Sultan Brunei. Pangeran Billah adalah anak ketiga Sultan Hassanal Bolkiah dengan istri pertamanya, Ratu Saleha. Dia merupakan lulusan dari Magdalen College di Universitas Oxford pada 1997 dengan gelar dalam studi Islam. Pria yang merupakan penggemar biliar ini sudah menikah dengan Sarah Pengiran Salleh pada 9 September 2004 lalu.

2. Pangeran Abdul Malik

Pangeran Brunei (Akurat.co)

Pangeran Abdul Malik adalah anak keenam atau anak bungsu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dari istri pertamanya. Pangeran yang lahir pada 30 Juni 1983 ini dikenal sebagai pria yang ramah dan sopan. Pangeran Abdul Malik juga sangat aktif dalam kegiatan keagamaan dan sosial di sejumlah organisasi di Brunei. 

Saat menginjak usia 30 tahun, Pangeran Abdul Malik bahkan ditunjuk menjadi Ketua Yayasan Jemaah Tadbir Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Tidak hanya itu saja, Pangeran Abdul Malik juga disebut memiliki minat besar dalam urusan pemerintahan dan pernah bekerja di berbagai departemen pemerintahan Brunei. Pangeran Abdul Malik resmi mempersunting Raabi'atul 'Adawiyyah pada tahun 2015 silam.

3. Pangeran Abdul Azim

Foto: Pangeran Brunei (Merdeka.com)

Pangeran Abdul Azim lahir pada 29 Juli 1982. Dia merupakan anak pertama Sultan Hassanal Bolkiah dari istri keduanya, Hajah Mariam. Pangeran Abdul Azim menempuh pendidikan di Leighton Park School in Berkshire dan berkuliah di Oxford Brookes University in Oxford. Dia juga sempat mendaftarkan diri di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst, tetapi keluar tidak lama setelahnya.

Namun pada 24 Oktober 2020, Pangeran Abdul Azim dinyatakan meninggal dunia.  Dia menghembuskan napas terakhirnya setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit. Namun sampai saat ini, penyebab kematian Pangeran Abdul Azim tidak disiarkan. Sebelum meninggal, Pangeran Abdul Azim diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan selebriti Hollywood seperti Janet Jackson. 

4. Pangeran Abdul Mateen

Foto: Pangeran Brunei (IntipSeleb)

Pangeran Abdul Mateen  merupakan pangeran yang paling mencuri perhatian kaum hawa. Pasalnya, pria yang lahir pada 10 Agustus 1991 ini memiliki wajah yang tampan dengan tubuh bugar karena memiliki hobi berolahraga. Pangeran Abdul Mateen adalah anak keempat Sultan Hassanal Bolkiah dari istri keduanya.

Pangeran Abdul Mateen pernah menempuh pendidikan di salah satu sekolah bergengsi. Setelah lulus dari Military Academy Sandhurst dengan pangkat Letnan Dua tahun 2011, Pangeran Abdul Mateen melanjutkan pendidikan di University of London dan mendapat gelar Master of Arts dari School of Oriental and African Studies pada tahun 2020 lalu. 

Di tahun 2018, Pangeran Mateen juga mendapatkan gelar sebagai pilot setelah lulus dari Helicopter Flying School at Far Shawbury. Pangeran Abdul Mateen juga sering mendampingi sang ayah dalam acara kenegaraan. Di Instagramnya, sang pangeran kerap membagikan aktivitasnya di media sosial.

5. Pangeran Abdul Wakeel

Foto: Pangeran Brunei (Dream.co.id)

Pangeran Abdul Wakeel yang lahir pada 1 Juni 2006, adalah anak pertama Sultan Hassanal Bolkiah dari mantan istri ketiganya yang bernama Azrinaz Mazhar Hakim. Saat ini, Pangeran Abdul Wakeel bersekolah di Jerudong International School Brunei. Bersiap menyaingi Pangeran Abdul Mateen, paras tampan Pangeran Abdul Wakeel mulai mencuri perhatian publik.

Foto: Pangeran Brunei (Pikiran Rakyat)