Ternyata Konser-konser Musik di Indonesia Ini Rusuh dan Memakan Korban Jiwa

Konser musik di Indonesia beberapa kali sempat viral karena berujung kerusuhan dan dibubarkan Polisi.

Tak dipungkiri masyarakat Indonesia sangat menyukai musik. Apalagi jika ada musisi atau grup band idola mereka melakukan konser musik . Para penggemar pasti akan datang untuk menyaksikan penampilan grup band di panggung.

Namun saat konser musik terkadang malah antiklimaks. Konser yang tadinya berjalan lancar malah berakhir dengan ricuh. Biasanya kerusuhan terjadi karena ulah penonton, mulai dari terjadi perkelahian sesama penonton atau penonton tanpa tiket yang memaksa masuk.

Indonesia memiliki banyak kisah suram terkait konser musik yang berujung dengan kerusuhan. Bahkan ada penonton yang harus menjadi korban jiwa karena ulah segelintir penonton. Berikut beberapa konser musik yang sempat rusuh di Indonesia.

1. Konser Metallica

Konser Metallica pada 1993 di Stadion Lebak Bulus Jakarta Selatan akan menjadi konser paling rusuh yang pernah terjadi di Indonesia. Kerusuhan terjadi karena banyak penonton yang memaksa masuk ke dalam stadion. Padahal kapasitas penonton sudah penuh. Tak terima masuk ke dalam membuat penonton menjadi beringas.

Para penggemar Metallica yang tidak bisa masuk ke dalam arena pertunjukan menghancurkan mobil-mobil, dan rumah-rumah sekitar lokasi pertunjukan. Dalam kericuhan itu terdapat sekitar 50 orang menderita luka ringan dan berat. Promotor acara harus mengganti rugi senilai Rp 5 miliar.

Memakan Korban Jiwa, Ternyata Konser-konser Musik di Indonesia Ini Rusuh (Medcom.id)

2. Konser Beside

Grup metal asal Bandung, Beside menggelar konser pada 2008 silam di Gedung AACC Bandung. Banyaknya antusias penonton yang datang ke tempat itu membuat arena pertunjukan indoor itu menjadi pengap dan membuat banyak orang berdesak-desakan saat menonton pertunjukan. Kejadian itu membuat 11 orang meninggal dunia karena kehabisan oksigen.  Polisi pun langsung mengambil sikap membubarkan konser ini.

Memakan Korban Jiwa, Ternyata Konser-konser Musik di Indonesia Ini Rusuh Liputan6.com)

3. Konser Sheila On 7

Konser Sheila On 7 terjadi di Lapangan Mataram, Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam pertunjukan musik yang terjadi pada 2010 silam terjadi kericuhan pada konser musik itu. Terdapat tiga orang yang alami pingsan, satu luka bocor pada bagian kepala dan sisanya luka ringan. Kerusuhan dipicu karena tawuran antar penonton di dalam arena pertunjukan sejak konser dimulai.

Itulah beberapa konser musik  di Indonesia yang berujung kerusuhan. Memang mayoritas dipicu oleh ulah penonton yang tidak bisa tertib saat menyaksikan sebuah konser. Makanya sebagai penonton tetap harus menjaga sikap agar hal-hal buruk tidak terjadi selama konser.

Memakan Korban Jiwa, Ternyata Konser-konser Musik di Indonesia Ini Rusuh (Kompas.com)