Oww... Ternyata Ini Toh Penyebab Perut Buncit dan Keras

Perut buncit dan keras adalah masalah yang sering muncul di kalangan masyarakat modern. Kira-kira apa penyebabnya?

Memiliki perut buncit  pastinya menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar orang. Tak hanya bikin tidak nyaman, hal ini juga bisa menurunkan kepercayaan diri. Hal ini diperparah dengan kondisi perut yang menggembung dan keras. Hal ini bisa menimpa saja, tanpa peduli usia. Kondisi ini juga tak hanya dialami oleh orang yang mempunyai berat badan berlebih. Mengapa? Berikut penjelasannya

Lemak Keras

Perut buncit umumnya muncul karena tumpukan lemak yang kemudian mendorong dinding perut sehingga terlihat buncit. Jika timbunan lemak itu terasa keras saat disentuh, biasanya penyebabnya adalah tumpukan lemak visceral, sedangkan perut buncit yang lunak biasanya disebabkan oleh lemak subkutan. 

Kurang Olahraga

Penyebab Perut Buncit dan Keras (via Harapan Rakyat Online)

Timbunan lemak biasanya bisa hilang jika kita rutin membakar kalori dengan berolahraga. Namun jika kamu tergolong orang yang malas gerak, maka tumpukan itu akan terus bertambah dan membuat perut semakin buncit. Kondisi ini juga sangat mudah menyerang para pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk. Karenanya, walaupun sesibuk apapun, coba usahakan berolahraga ringan untuk mengurangi timbunan lemak dan berbagai risiko yang menyertai.

Faktor Gizi

Penyebab Perut Buncit dan Keras (via Merdeka)

Pola makan jelas memberikan pengaruh besar pada tubuh. Jika kamu makan sembarangan tanpa memperhatikan asupan kalori yang masuk dan keluar, maka akan berpotensi menimbulkan berbagai masalah, termasuk obesitas. Perut buncit adalah salah satu tanda awal bahwa tubuhnya tidak mengonsumsi makanan dengan seimbang.

Faktor Genetik

Penyebab Perut Buncit dan Keras (via CNN)

Selain sebab-sebab di atas, perut buncit dan keras juga bisa muncul karena pengaruh genetik. Sebagaimana dilaporkan oleh sebuah studi, hal ini berkaitan dengan gen yang menentukan Waist to Hip Ratio (WHR). yang diidentifikasi bisa menentukan berapa banyak lemak visceral yang dimiliki oleh seseorang.

Itulah beberapa penyebab umum perut buncit  dan keras yang kini banyak dialami masyarakat modern. Namun jangan sedih jika kamu mengalami masalah di atas. Pada dasarnya masalah itu bisa diatasi dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Hindari stress dan pastikab tubuh tetao mendapatkan nutrisi yang baik dan seimbang. Yuk mulai hidup sehat!

Penyebab Perut Buncit dan Keras (via Alodokter)