Tak Disangka, Deretan Polwan Ini Sudah Jadi Jenderal Bintang Satu dan Dua di Polri

Mungkin belum banyak yang tahu jika para Polisi Wanita atau Polwan ini berpangkat Jenderal Polisi.

Kebanyakan Polisi  berpangkat Jenderal diisi Polisi pria, sementara Polisi Wanita atau Polwan  jarang mendapatkan pangkat tersebut. Eits, jangan salah. Beberapa Polwan juga sudah ada yang berpangkat Jenderal Polisi mulai dari bintang satu dan bintang dua. 

Mantan Kapolri Jenderal Idham Azis pernah mengatakan saat masih menjabat sebagai Polisi bahwa Polwan memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan jabatan tinggi dalam institusi Polri. Tentu hal itu bisa dicapai selama Polwan itu melakukan kinerja dengan baik sebagai Polisi.

Dilansir dari Tribun, Idham bahkan pernah memberikan semangat kepada para Polwan untuk bekerja dengan baik karena bisa saja Polwan ada yang menjadi seorang pejabat Polisi di Provinsi atau menjadi Kapolda. Tentu saja pernyataan itu bisa jadi pelecut semangat para Polwan dalam bekerja sebagai Polisi.

Nah sebenarnya di Indonesia ada beberapa Polwan yang sudah memiliki pangkat Jenderal bintang satu dan bintang dua. Bisa jadi orang-orang ini akan didapuk menjadi Kapolda seperti yang dijanjikan mantan Kapolri kala itu.

1. Irjen. Sri Handayani

Irjen. Sri Handayani merupakan Jenderal Polisi bintang dua yang pernah menjalani tugas di STPDN, Lemdikpol, hingga Sekolah Polwan. Memiliki banyak pengalaman membuat Sri pernah mengajukan diri mendaftar sebagai calon pimpinan Komisi Pembrantasan Korupsi atau KPK namun tak lolos tes wawancara.

Polwan Berpangkat Jenderal Polisi (Liputan6.com)

2. Brigjen. Apriastini Bakti Bugiansari 

Polwan dengan pangkat Jenderal bintang satu ini menjabat sebagai Kapusjarah Polri. Ia juga pernah menjadi Kabag Gassus Robinkar SDM Polri. Karena bekerja dengan baik sebagai Polwan, Apri masuk dalam jajaran 29 Polisi yang mendapatkan kenaikan pangkat kala itu.

Polwan Berpangkat Jenderal Polisi (Wikipedia)

3. Brigjen. Juansih

Brigjen. Juansih merupakan Polwan bintang satu dengan segudang banyak pengalaman. Ia pernah menjadi Kapolres Surabaya Timur, Jawa Timur, Kapolres Batu, Jawa Timur, dan Karo Pers Polda Banten. Ia pun lama berdinas sebagai Direktur Pemberdayaan Alternatif Badan Narkotika Nasional (BNN) sejak 2017 lalu.

Proses yang dilalui para Polwan  menjadi Perwira Tinggi Polisi  juga diberikan hal yang sama dalam menjalani jenjang karir dari bawah sampai ke atas. Makanya hal ini bisa mendorong Polwan-polwan lain dalam berkarir di kepolisian.

Polwan Berpangkat Jenderal Polisi (Tribun)