Ini Dia Profesi-profesi yang Cuma Ada di Indonesia, Dari Calo Tiket Sampai “Pak Ogah” di Jalan

Beberapa profesi ini cuma ada di Indonesia. Anda tidak akan pernah menemukan profesi ini di negara luar Indonesia

Beragam pekerjaan atau profesi di Indonesia  memiliki keunikan tersendiri. Beberapa profesi tersebut ternyata hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, sebab di negara-negara luar tak mungkin masyarakatnya melakukan profesi yang bisa jadi dianggap aneh. Berikut ulasannya.

1. Calo Tiket

Saat hendak menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion atau menonton pertunjukan musik, sosok calo tiket kerap memenuhi pintu masuk untuk menawari tiket-tiket kepada para penonton. Yang jelas harga tiket yang dijual calo lebih mahal dibandingkan harga asli.

Calo tiket memang kadang membuat jengkel karena seenaknya menaikan harga tiket. Namun ada saat-saat dimana para calo tiket ini dibutuhkan oleh banyak orang sebagai penyelamat. 

2. Jasa Tukar Uang Recehan

Jasa tukar uang recehan biasanya muncul setahun sekali menjelang hari Lebaran. Mereka rela berpanas-panasan untuk menawarkan uang recehan yang akan ditukarkan dengan uang dengan nominal yang besar. Biasanya uang recehan sangat dibutuhkan untuk dibagi-bagi kepada anak-anak kecil saat Lebaran tiba.

Padahal pihak resmi seperti Bank Indonesia sudah menyediakan jasa penukaran uang tetapi ada saja orang yang mencoba mengambil keuntungan dalam jasa tukar uang recehan seperti ini.

Profesi yang Cuma Ada di Indonesia (NUSABALI)

3. Tukang Parkir

Bicara tentang profesi yang satu ini sepertinya dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Setiap tempat keramaian seperti pasar, warung makan, hingga minimarket selalu memiliki tukang parkir yang bertugas menjaga kendaraan.

Namun beberapa tahun belakangan tukang parkir menjadi profesi yang kurang disukai masyarakat karena dianggap hanya minta uang saja saat pengendara akan pergi dari lokasi itu, khususnya tukang parkir di minimarket.

Profesi yang Cuma Ada di Indonesia (JawaPos)

4. Tukang Tambal Ban Pinggir Jalan

Tukang tambal ban pinggir jalan menjadi penolong bagi pengendara yang mengalami ban kempes atau bocor ketika berada di jalan. Mereka akan semangat untuk membuat ban kendaraan menjadi rapi dan siap dipakai kembali. Meskipun kadang ada beberapa oknum tambal ban yang sengaja menaruh paku di jalan agar ban kendaraan jadi kempes atau bocor.

Profesi yang Cuma Ada di Indonesia (GridOto)

5. Pengatur Jalan atau ‘Pak Ogah’

Satu lagi profesi di Indonesia  yang unik yakni pengatur jalan atau disebut pak ogah. Orang-orang ini bertugas mengatur lalu lintas agar tidak macet. Biasanya mereka mendapatkan uang dari pengendara mobil yang terbantu dengan bantuan dari pak ogah. Meski bernama pak ogah, namun mayoritas pengatur jalan ini tidak ada yang berkepala plontos atau gundul.

Profesi Cuma Ada di Indonesia (Kompas Regional)