Bingung Mau Masak Apa, Bund? Simak Resep Buncis Bawang Putih, Inspirasi Lauk Simpel Favorit Keluarga

Bingung Mau Masak Apa, Bund? Simak Resep Buncis Bawang Putih, Inspirasi Lauk Simpel Favorit Keluarga

Kadang suka bingung ya, Bund mau masak apa. Kalau Bunda salah satu pecinta masakan Tionghoa, tentunya tak lagi asing dengan menu andalan ala restoran Chinese, buncis bawang putih, bukan? Cara pengolahan masakan yang satu ini juga terbilang cukup mudah dan praktis.

Nggak perlu jauh-jauh berkunjung ke restoran, Bunda dapat mempraktikkan resep simpel menu buncis bawang putih ala restoran Chinese dengan bahan yang cukup ekonomis dan tentunya nggak kalah nikmat.

Yuk, simak resep lengkapnya berikut ini! 

Bahan-bahan:

200 gram buncis

3 siung bawang putih

1 sdt garam  

1/2 sdm kaldu bubuk

2 sdt saus tiram

lada secukupnya 

Tumis Buncis Bawang Putih (Pinterest)

Cara Membuat:

1. Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu buncis dan bawang putih. Sebelum merebus buncis, usahakan untuk menghilangkan bagian seratnya dengan cara memotong bagian ujung, lalu tarik perlahan di sisi sampingnya.

2. Selanjutnya, geprek terlebih dahulu bawang putih yang akan ditumis. Kemudian, cincang halus bawang putih. Sisihkan di dalam wadah. 

3. Siapkan panci yang telah diisi dengan air untuk merebus buncis di atas kompor. Panaskan air terlebih dahulu hingga benar-benar mendidih. Masukkan buncis dan rebus selama 1 menit.

4. Jangan lupa untuk mengaduknya beberapa kali saat merebus buncis. Jika sudah, angkat dan rendam di dalam air es. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan uap panas buncis dan menjaga teksturnya tetap renyah.

5. Tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan. Tunggu sesaat hingga minyak benar-benar panas. Kemudian, masukkan bawang putih ke dalam wajan, lalu tumis hingga wangi.

6. Tambahkan beberapa bumbu pelengkap, seperti garam, kaldu bubuk, dan lada. Lalu, aduk hingga semua bumbu tercampur merata. Jangan lupa sisihkan setengah dari bawang putih yang telah ditumis untuk topping taburan nantinya. 

7. Selanjutnya, masukkan buncis ke dalam tumis bawang putih. Lalu, tambahkan saus tiram dan bawang putih ke dalam tumis buncis. Aduk semua bumbu hingga tercampur marata.

8. Usahakan jangan menumis terlalu lama agar buncis tidak terlalu lembek sehingga teksturnya tetap renyah. Jika sudah matang, angkat dan sajikan di atas piring. 

Itulah langkah mudah dan beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat memasak resep buncis bawang putih agar tetap renyah hingga tahan lama. Semoga inspirasi resep kali ini bikin momen makan Bunda bersama keluarga jadi lebih hangat, ya! Selamat mencoba!

Jajanan - Tumis Buncis Bawang Putih (KlikDokter)