Fakta Tentang Petir yang Harus Kamu Ketahui

Fakta Tentang Petir yang Harus Kamu Ketahui

Petir memang menakutkan, dibalik kilatan cahayanya yang menakjubkan, petir memang bisa membelah apapun hingga membunuh manusia. Namun selain itu, petir juga menyimpan banyak fakta yang jarang diketahui. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya berikut ini! 

1.      Rambut Tiba-Tiba Berdiri Sebelum Tersambar

Pada tahun 1975, McQuilken bersaudara sebelum tersambar petir rambutnya mendadak berdiri sendiri. Setelah itu, Mary memotret mereka berdua, sayangnya saat akan berteduh akibat hujan es, mendadak timbul sambaran petir. Michael terhempas ke tanah akibat sambaran, Mary tidak mengalami luka serius, sedangkan punggung dan siku Sean hangus.

 

2.      Petir Juga Terjadi di Planet Lain 

(Rambut Berdiri Sebelum Tersambar Petir via idntimes.com)

Fenomena petir juga dijumpai di planet-planet yang memiliki atmosfer, misalnya di Planet Venus dan juga Saturnus. Petir yang muncul di permukaan Venus tercipta dari awan yang mengandung asam sulfurik.

3.      Venezuela, Tempat Paling Banyak Tersambar Petir

ilustrasi Petir Juga Terjadi di Planet lain via kapanlagi.com)

Malam di Delta Catatumbo, Venezuela bukan malam yang dipenuhi kegelapan. Kilatan cahaya akibat sambaran petir merupakan pemandangan yang amat sering dijumpai. Petir di Catatumbo bisa muncul hingga 280 kali setiap jamnya. Fenomena petir ini terjadi selama 260 malam setiap tahun dan bertahan selama 9 jam setiap malamnya.

 

4.      Petir ada yang berbentuk bola

 

(Tempat Dengan Sambaran Petir Terbanyak Ada di Venezuela via viva.co.id)

Selain berbentuk menyerupai ranting, petir juga ada yang bentuknya menyerupai bola. Petir bola dikabarkan bisa masuk ke dalam rumah dan menimbulkan kekacauan di dalamnya, petir bola bisa menerobos jendela yang terkunci atau melalui cerobong asap.

(Petir Ada yang Berbentuk Bola via kanjengpetir.com)