Senjata Sakti Milik Tokoh Pewayangan Ini Wajib Kamu Ketahui Biar Ngga Buta Sama Budaya Indonesia

Senjata Sakti Milik Tokoh Pewayangan Ini Wajib Kamu Ketahui Biar Ngga Buta Sama Budaya Indonesia

Wayang merupakan seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang, pada umumnya pagelaran wayang digelar semalam suntuk. Cerita yang dibawakan dalam pertunjukan ini biasanya mengacu dengan cerita yang telah ada yang biasanya di cuplik dari kitab ramayana.

Tokoh-tokoh para kesatria dalam cerita ini asli kaarangan pujangga jawa. Eksistensinya hanya ada dalam wayang versi jawa dan tiddak ditemukan dalam cerita Mahabarata dari India.

di era 70-80an anak kecil dan muda-mudi mengidolakan tokoh pewayanagan. Tokoh-tokoh ini memiliki kekuatan super layaknya superhero marvel studio, dan tiap-tiap dari mereka memiliki senjata khas yang biasanya merupakan warisan turun-temurun.

Berikut ini nih kita akan membahas tentang senjata legendaris yang dibawa oleh tokoh pewayangan. Apa saja itu? Mari kita cek artikel berikut ini mengenai senjata miliki tokoh wayang.

1. Kuku pancanaka

Kuku pancanaka adalah senjata dari Bima. Pancanaka merupakan senjata berupa kuku jempol tangan yang berwarna hitam, melengkung panjang ke bawah dan sangat tajam. Diceritakan, tajamnya kuku tersebut tujuh kali tajam pisau cukur.

Untuk mendapatkan pusaka ini, Bima harus bersemedi di Gunung Mahameru selama berbulan-bulan. Kuku pancanaka mampu menebang pohon-pohon besar dalam sekali tebas lhoo.

2. Panah Pasopati

https://pusakadunia.com/wp-content/

Pasopati, secara etimologi terddiri atas dua kata yakni Paso yang artinya tepat, dan Pati yang artinya mati. Jadi panah milik arjuna ini pasti melayangkan anak panah tepat sasaran dan yang terkena panah pun pasti mati.

Diceritakan, panah tersebut pernah digunakan Arjuna untuk membunuh raja raksasa bernama Niwatacaraka, seorang yang ingin mempersunting Dewi Supraba. Selain itu, panah Pasopati pernah digunakan untuk membunuh Jayadarta dan Adipati Karna.

3. Konta jaya

https://www.dewisundari.com/wp-content/uploads/

Konta jaya adalah senjata miliki Adipati Karna. Senjata Konta Jaya tersebut merupakan pemberian dari Dewa Indra. Konta Jaya adalah senjata yang sangat ampuh, tetapi hanya dapat digunakan sekali saja.

Senjata ini ditujukan untuk membunuh Arjuna, namun nahasnya senjata ini terpaksa digunakan untuk membunuh Gatotkaca, seorang raksasa yang memiliki kekuatan luar biasa terutama pada malam hari.

4. Jamus Kalimasada

https://ajaibnya.com/wp-content/uploads/

Jamus Kalimasada adalah sebuah jimat milik Yudistira. Pusaka ini berwujud kitab dan merupakan benda yang sangat dikeramatkan dalam Kerajaan Amarta. Kalimasada merupakan pusaka kerajaan Amarta nomor wahid.

Kisah-kisah pedalangan banyak yang menceritakan upaya musuh-musuh Pandawa untuk mencuri Kalimasada. Kendati demikian, pusaka keramat tersebut senantiasa kembali dapat direbut oleh Yudistira dan keempat adiknya.

5. Cakra Sudarsana

https://3.bp.blogspot.com/

Cakra Sudarsana atau Cakra Baskara adalah senjata andalan Batara Wisnu. Senjata tersebut juga dimiliki para titisannya, termasuk Prabu Kresna, Raja Dwarawati. Sebagai senjata milik dewa, Cakra bukan hanya ampuh, tetapi juga mempunyai banyak kegunaan.

https://wallpapercave.com/wp/