Oh, Jadi Ini Asal Muasal Kenapa Warna Pink Untuk Cewek Dan Biru Untuk Cowok….

Oh, Jadi Ini Asal Muasal Kenapa Warna Pink Untuk Cewek Dan Biru Untuk Cowok….

Biru biasanya identik dengan laki-laki, sedangkan pink identik dengan perempuan. Pelabelan ini sudah sejak dulu melekat di kehidupan kita. Tapi, siapa sangka kalo ternyata soal kedua warna ini punya sejarah yang membentuknya.

# Hal itu baru muncul sekitar abad ke-20 dan mulanya berasal dari Amerika Serikat

Saat itu, beberapa toko bayi mulai mengedarkan baju serta aksesoris untuk laki-laki dan perempuan yang dibedakan berdasarkan warna. Hal ini pun diperkuat dengan pernyataan seorang sosiolog bernama Philip Cohen, yang berasal dari University of Maryland.

Menurutnya, pembedaan warna untuk gender adalah salah satu trik sekian dalam bisnis dan marketing.

# Ternyata saat dicari tahu, majalah Earnshaw’s Infant Department pernah menyarankan agar perempuan memakai warna biru

Hal ini terjadi karena dianggap lebih halus. Sedangkan laki-laki yang menggunakan warna pink punya kesan lebih tajam. Tetapi, yang terjadi malah sebaliknya.

Setelah perang dunia kedua, simbol untuk laki-laki maupun perempuan jadi berubah. Khususnya ketika Amerika Serikat masih dipimpin oleh presiden Dwight Eisenhower dan ibu negara Mamie Eisenhower. 

Pernah suatu hari, ibu Negara mengenakan gaun pesta berwarna merah muda dalam suatu acara. Dan dari situlah dunia mulai mengikuti tren jika perempuan lebih cocok mengenakan pink, sedangkan laki-laki berwarna biru.

# Tahun 2011, sebuah studi meneliti soal pemilahan warna berdasarkan gender

Sejarah mengapa pink identik dengan perempuan dan biru identik dengan laki-laki (idntimes.com)

Studi tersebut mengatakan jika bayi di bawah usia 2 tahun gak terpengaruh dengan warna biru atau pink ketika disodori mainan.

Tetapi, saat usianya mencapai lebih dari 2 tahun, balita memilih warna berdasarkan gendernya. Perempuan secara tanpa sadar akan lebih memilih pink, dan laki-laki memilih biru. Hal ini terjadi bukan karena naluri, tapi kebiasaan yang dibentuk oleh orang tuanya ketika mereka masih bayi.

Sejarah mengapa pink identik dengan perempuan dan biru identik dengan laki-laki (idntimes.com)