Tau Gak Sih, Ternyata Ini Sederet Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!

Tau Gak Sih, Ternyata Ini Sederet Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh!

Pada permulaan covid 2 tahun lalu, kunyit menjadi barang perburuan banyak orang karena khasiatnya yang dipercaya untuk menaikkan imun tubuh. Pada awal pandemi pun sempat terjadi panik buying terhadap kunyit. Lantas, apa emang bener, kunyit sebermanfaat itu? Atau sekedar over-rated saja?.

Kunyit telah menjadi salah satu bahan dari ramuan tradisional, Dalam bahasa jawa, Kunyit juga disebut kunir. Rempah ini sering digunakan untuk rempah-rempah masakan untuk memperkaya rasa. Kunyit atau kunir memiliki arooma dan rasa yang khas, hal ini membuat rempah ini mudah dikenali.

Lalu apa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh? Apakah benar kunyit over rated? ataukah emang kunyit memiliki kandungan yang sebegitu bermanfaat? Yuk kita simak artikel berikut ini mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh.

1. Meredakan peradangan

Kunyit atau kunir mengandung kurkumin, dimana senyawa ini berperan dalam meredakan peradangan, kandungan ini akan menutup kerja dari sitokin yang menyebabkan sitokin dan enzim yang menjadi trigger inflamasi pada badan.

2. Obat Maag

https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/

Manfaat lain dari kunyit adalah sebagai obat maag. Maag adalah gangguan pencernaan yang terjadi karena adanya luka pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain bakteri maag juga disebabkan oleh gaya hidup seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Kurkumin, kembali lagii berperan untuk meredakan iritasi yang terjadi pada dinding lambung sehingga mengurangi rasa pedih yang disebabkan oleh maag. Selain itu Kurkumin juga diklaim untuk dapat mengendalikan kadar asam lambung.

3. Meredakan Peradangan Usus

https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/

IBS atau Irritable Bowel Syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis.

Kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS. Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar.

4. Meredakan nyeri saat haid

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/

Kunyit juga mampu meredakan nyeri saat haid. Biasanya para perempuan mengonsumsinya dalam bentuk jamu rebusan yang ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Fungsi kunyit dalam meredakan nyeri haid adalah untuk melemaskan kontraksi pada rahim.

https://i0.wp.com/post.medicalnewstoday.com/wp-content/uploads/