Cerita Legenda Indonesia yang Cocok Banget Diangkat ke Layar Lebar, Pasti Keren Banget!

Cerita legenda Indonesia emang beragam. Banyak banget yang asyik untuk diceritakan. Apalagi kalo cerita legenda tersebut bisa diangkat ke layar lebar, waduh pasti keren banget tuh.

Sudah banyak Dongeng-dongeng terkenal darimanca negara seperti halnya Cinderella, Sleeping Beauty, dan Frozen awalnya hanyalah cerita sebelum tidur yang diceritakan orang tua kepada anak mereka. 

Seorang produser film yang mengangkat cerita tersebut ke dalam layar lebar yang kemudian dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia dan jadi viral. 

Sayang, banyak dongeng yang telah mendunia berasal cuma dari Eropa dan Amerika doang. Sayang banget produser film belum menaruh minat untuk mengadaptasi cerita rakyat dari Asia Tenggara, apalagi dari Indonesia. Padahal cerita-cerita Nusantara itu ada segudang, dan cocok banget untuk diceritakan ulang ke seluruh dunia dalam bentuk film.

Di sini ada beberapa cerita legenda Indonesia yang cocok banget diangkat ke layar lebar. Simak deh.

Timun Mas

Cerita legenda Indonesia yang pertama yang cocok di jadikan film layar lebar ya Timun Mas. Kalau kita harus memilih salah satu dari tokoh cerita rakyat untuk dijadikan Disney Princess, Ya yang cocok ya Timun Mas gengs, sosok itu adalah pilihan yang dirasa cocok banget. 

Sosok Timun Mas digambarkan sangat cerdik, lincah, dan pemberani. Petualangan yang ditawarkan pun berbeda dari cerita lain yang berkutat di seputar putri kerajaan aja.

Meski sudah banyak cerita mengenai perempuan yang bisa mengalahkan musuhnya, namun jarang sekali ada kisah seorang perempuan yang bisa membunuh seorang raksasa yang juga merupakan asal usul kelahirannya. 

Tantangan dari film ini adalah menciptakan sosok Buto, raksasa yang menjadi tokoh antagonis utama. Kalau bisa di olah dengan efek yang bagus 3D standar film luar negeri ya hasilnya bakal serem banget tuh film.

Timun mas melawan raksasa (http://savika32.blogspot.com)

Keong Mas

Cerita legenda Indonesia yang pantes dinaikin ke layar lebar selanjutnya ya 'Keong Mas'. Soalnya cerita tentang kutukan nenek sihir memang uda pasaran banget, tapi Keong Mas beda, ia memiliki nilai yang tidak dipunyai oleh dongeng lainnya. 

Tokoh antagonis yang membenci si protagonis adalah kakak kandungnya sendiri. Di cerita ini orang tua berperan untuk bisa lebih bijaksana dalam menghadapi permasalahan anak-anak mereka.

Disebutkan juga di dalam cerita ini kalau Raden Inu Kertapati, tunangan Keong Mas berpetualang menjelajahi seluruh kerajaan Kahuripan untuk mencari sang tambatan hati.

Kondisi film bisa bertemakan kerajaan Nusantara di kala itu beserta pemandangan alamnya yang kece badai.

Keong mas yang terkenal cantik jelita (ceritarakyat.info)

Legenda Roro Jonggrang

Cerita legenda Indonesia yang layak diadaptasi jadi film Hollywood adalah Roro Jonggrang.

Cerita tersebut menjadi saksi hidup Candi Prambanan yang jadi salah satu objek wisata di Indonesia yang cukup terkenal di dunia. 

Asal mula terbangunnya candi megah ini bakalan sangat menarik banget untuk disimak. Sayangnya sih cerita ini kurang baik untuk disajikan pada anak-anak bila tanpa pengawasan orangtua. 

Bakalan lebih baik jika cerita rakyat ini dibuat untuk penonton dewasa dengan memperbanyak adegan laga dan percintaan.

Coba ya kalo 'Roro Jonggrang' dieksekusi yang menyerupai trilogi Lord of the Rings atau The Hobbits gitu. Pertempuran antara kerajaan Pengging dan Baka bisa dibuat sedahsyat film itu mungkin.

Dengan setingan skala yang besar, Prabu Baka bisa digambarkan sebagai raksasa yang mengerikan, beberapa pengikur makhluk gaibnya yang membantu Bandung Bondowoso bisa dibuat garang dan menyeramkan seperti Gollum. Kemudian Candi Prambanan sendiri bisa diperlihatkan sebagai bangunan yang megah dan mewah gengs, wah bakal dewaa banget tuh filmnya.

Ilustrasi penampakan Roro Jonggrang (SINDOnews.com)

Legenda Ratu Pantai Selatan

Cerita legenda Indonesia yang layak diadaptasi jadi film Hollywood lainnya ya Legenda Ratu Pantai Selatan atau akrab dikenal dengan Nyi Roro Kidul.

Sebenarnya ada beberapa versi mengenai asal-usul penguasa Pantai Selatan ini gengs. Yang satu mengatakan ia adalah putri kerajaan yang menderita penyakit dan hanya bisa sembuh jika ia mandi di pantai selatan. 

Ada pula yang bercerita ia adalah bidadari yang menikah dengan manusia. Kemudian ia ditolak kembali ke kahyangan dan juga beliau juga tidak berniat membina rumah tangga lagi dengan suaminya. Lalu ia pun terjun ke laut selatan dan menjadi ratu di sana.

Mau gimana aja versinya, cerita penguasa Pantai Selatan ini sangat layak untuk diceritakan ulang dengan kemasan yang lebih baik epik banget dah. 

Mitos Nyi Roro Kidul ternyata masih dipercaya dan berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengannya pun sampai kini masih disimpan.

Tentunya ini bakalan memudahkan tentang rset dan produksi film. Yang jadi tantangan untuk pembuatan film Nyi Roro Kidul ini mungkin terletak pada setting tempat yang kebanyakan berada di lautan. Mungkin bisa pakai efek CGI sekelas film Life of Pi bakalan lebih GG lagi. 

Emang cerita legenda di Indonesia tuh luarbiasa banget. Kalo beneran dibikin, efeknya bakal nendang banget pasti. Ya berdoa aja deh, semoga suatu saat nanti bakalan ada yang diadopsi menjadi salah satu cerita film layar lebar yang dahsyat efeknya. Kita juga bisa bangga kan tuh kalo difilmkan.

Penampakan ilustrasi Ratu pantai selatan (merdeka.com)