Jenis Ikan Predator Air Tawar, Justru Lebih Ganas Saat Malam Hari

Ikan predator air tawar berikut ini memiliki ciri khas unik karena bersifat nokturnal atau tidur pada siang hari namun ganas pada malam hari.

Jenis-jenis ikan predator air tawar  ada yang memiliki sifat nokturnal atau tidur pada siang hari dan aktif untuk mencari mangsa pada malam hari. Yang dimaksudkan dengan tidur tentu berbeda dengan hewan lain yan berbaring dan memejamkan mata.

Saat ikan tidur tetap dengan mata terbuka. Sebab rata-rata ikan tidak memiliki kelopak mata seperti hewan-hewan lain di darat, bahkan berbeda jauh denan manusia. Tidur pada siang hari, ikan akan bangun dan aktif saat malam hari untuk mencari mangsanya.

Dilansir dari situs Kementrian Kelautan dan Perikanan, terdapat beberapa jenis ikan predator air tawar yang melakukan rutinitas seperti itu. Berikut ini penjelasannya.

1. Longnose Gar

Longnose Gar merupakan jenis ikan predator air tawar yang masuk dalam kategori nokturnal. Predator ini berburu pada malam harii dengan menyerang mangsa-mangsanya dengan barisan giginya yang tajam. Ikan ini memiliki mulut yang kecil sehingga saat memakan mangsanya membutuhkan waktu. Mangsa Longnose Gar adalah ikan-ikan kecil. 

2. Red Bellied Piranha

Dari namanya saja sudah ada Piranha. Ikan piranha ini memang sudah sering terdengar sebagai ikan yang buas. Namun ikan predator jenis ini lebih menyukai mangsa seperti cacing krustasea, cacing, dan ikan. Bahkan pernah ditemukan Red Bellied Piranha makan seekor Capybara.

Longnose Gar (Shutterstock)

3. Mangrove Jack

Mangrove Jack awalnya dikenal sebagai hewan yang hidup di air payau namun banyak juga orang yang memelihara di air tawar. Ikan ini masuk dalam kategori karnivora yang memakan ikan-ikan lain, udang dan siput. Yang jelas Mangrove Jack aktif pada malam hari.

Red Bellied Piranha (Blok A)

4. Polypterus

Ikan Polypterus ternyata sudah hidup sejak ratusan juta tahun lalu. Sejak dulu sampai sekarang Polypterus hidup pada malam hari dan tidak aktif pada siang hari. Sekilas bentuk fisik Polypterus mirip hewan purbakala. Polypterus terdiri dari beberapa spesies.

Mangrove Jack (YouTube)

5. Wolf Fish

Satu lagi jenis ikan predator air tawar  yakni Wolf Fish. Wolf itu berarti serigala. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, panjang 120 sentimeter dan berat 40 kilogram. Mirip dengan serigala, jenis ikan ini memiliki insting berburu pada malam hari karena penglihatan yang cukup kuat saat melihat mangsanya.

Polyterus (Aquatic Art)