Tak Lagi Repot, Kini Bisa Tes Kesehatan Mental Online Loh!

Demi mengurangi kasus gangguan jiwa, beberapa aplikasi meluncurkan fitur tes kesehatan mental online yang bisa diakses siapa saja tanpa harus mengeluarkan biaya.

Pandemi covid-19 tidak hanya menyerang kondisi fisik seseorang, namun juga dapat menyebabkan turunnya kesehatan mental. Seperti yang dilaporkan kementrian kesehatan pada beberapa waktu lalu, kasus gangguan jiwa di Indonesia meningkat sejak awal terjadinya pandemi. Untuk mengantisipasi hal ini, sudahkan kamu mencoba tes kesehatan mental  online?

Demi tujuan untuk mengurangi kasus tersebut, beberapa aplikasi meluncurkan fitur tes kesehatan mental online yang bisa diakses siapa saja dan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Penasaran dan ingin mencoba? Yuk langsung saja disimak beberapa aplikasinya berikut ini.

1. Mood Tools

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur kuesioner yang dapat mengidentifikasi tingkat depresi seseorang. Selain itu, aplikasi yang bekerja sama dengan tenaga profesional ini juga dilengkapi dengan fitur diary video untuk menjaga kondisi mental serta fitur meditasi.

2. Depression CBT

Tes Kesehatan Mental Online (via MobiGyaan)

Dalam aplikasi Depression CBT terdapat sebuah fitur tes penilaian yang melacak seberapa depresi seseorang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio atau suara yang membantu anda untuk rileks kembali saat merasa cemas.

3. Riliv

Tes Kesehatan Mental Online (via MobiGyaan)

Aplikasi yang satu ini adalah karya anak Bangsa, loh. Riliv bekerja sama dengan 6 psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikolog yang akan membantu anda untuk mengatasi rasa depresi. Dengan aplikasi ini, anda bisa curhat segala macam keluhan yang anda rasakan dan akan mendapatkan solusi atau saran dari para relawan psikolog.

4. SAM

Tes Kesehatan Mental Online (via Nextren Grid)

SAM atau Self-help Anxiety Management adalah aplikasi yang dikembangkan oleh tenaga medis profesional dan pakar komputer dari University of West England. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pendeteksi kecemasan serta cara mengatasinya.

5. What’s Up?

Tes Kesehatan Mental Online (via Best Practice Hub)

Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi berbagai macam kesehatan mental seperti, depresi, kecemasan, amarah, dan stres. Kelebihan aplikasi ini adalah dapat melacak kebiasan buruk anda saat mengalami depresi atau rasa cemas, lalu tugas aplikasi ini adalah merekomendasikan cara-cara agar anda bisa kembali tenang.

Itulah deretan aplikasi tes kesehatan mental  online yang bisa anda jadikan solusi untuk menjaga mental agar tetap sehat.

Tes Kesehatan Mental Online (via Sportz Business)