Obat Gatal pada Kemaluan Wanita yang Tak Kunjung Sembuh, Pahami Penyebabnya!

Kebanyakan masalah yang dialami oleh wanita pada area kemaluannya adalah rasa gatal. Lantas apa sajakah obat gatal pada kemaluan wanita yang tak kunjung sembuh?

Gatal pada kemaluan adalah masalah yang umum dialami oleh wanita. Penyebab gatal itu sendiri bisa berasal dari beberapa hal yaitu bisa karena jamur, bakteri dan lain-lain. Pengobatannya pun bisa disesuaikan dengan penyebab dari gatal yang berada di area kemaluan tersebut dan harus sesuai dengan petunjuk dari dokter karena obat gatal pada kemaluan wanita yang tak kunjung sembuh tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Lantas apa saja penyebab dari rasa gatal di area kemaluan wanita itu dan obat gatal yang bisa digunakan pada kemaluan wanita yang tak kunjung sembuh? Ini dia pembahasannya.

1. Gatal yang Disebabkan Karena Infeksi Jamur

Obat vagina gatal karena infeksi jamur dapat berupa krim oles, obat minum, dan supositoria. Krim gatal yang dapat digunakan adalah Clotrimazole, Butoconazole, Miconazole, dan Tioconazole.

Pemakaian krim jamur sebaiknya tidak dibarengi dengan penggunaan tampon, lubrikan, douche, atau produk pembersih vagina lainnya.

Selain itu, bisa juga mengkonsumsi obat Fluconazole (Diflucan) dengan cara meminumnya. Obat ini hanya untuk infeksi yang parah dan berulang.

2. Gatal yang Disebabkan Karena Infeksi Bakteri

Obat Gatal pada Kemaluan Wanita yang Tak Kunjung Sembuh (via Daily Star)

Obat untuk gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah antibiotik. Dokter biasanya meresepkan obat-obatan, seperti Metronidazole (Flagyl), Tinidazole (Tindamax), Clindamycin, Azithromycin, dan Doxycycline.

3. Gatal yang Disebabkan Karena Kutu Kemaluan

 

Obat Gatal pada Kemaluan Wanita yang Tak Kunjung Sembuh (via Hello Sehat)

Apabila gatal disebabkan oleh kutu kemaluan, krim Permethrin dapat mengatasinya. Obat ini dapat melumpuhkan dan membunuh kutu beserta telur-telurnya yang menempel pada kulit.

4. Gatal yang Disebabkan Karena Gejala Menopause

Obat Gatal pada Kemaluan Wanita yang Tak Kunjung Sembuh (via SehatQ)

Menopause ternyata dapat menyebabkan rasa gatal pada vagina. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Untuk gatal jenis ini, biasanya mengonsumsi terapi estrogen sintetis berupa pil, patcha, gel, atau semprotan.

Pil yang paling umum diresepkan adalah Cenestin, Estrace, Astratab, Femtrace, Ogen, Premarin, atau Duavee.

Nah, itu dia sederet obat gatal pada kemaluan wanita  yang tak kunjung sembuh sesuai penyebabnya. Tentu saja penggunaannya harus sesuai dengan instruksi, ya.

Obat Gatal pada Kemaluan Wanita yang Tak Kunjung Sembuh (via Hello Sehat)