Contoh Soal Psikotes Matematika, Pantengin Kamu Langsung Mahir

Contoh soal psikotes matematika yang siapa tau bisa keluar saat kamu mengikuti tes psikotes kedepan. Kamu wajib mempelajarinya biar bisa.

Banyak banget orang yang kringat dingin ketika menghadapi psikotes dikarenakan memang tes ini merupakan tes yang relatif sulit bagi beberapa orang.

Kamu bisa jadi termasuk salah satu orang yang pernah gagal mengerjakan tes psikotes. Namun, jangan patah arang dulu ya gengs, masih banyak juga kok orang yang harus mengulang beberapa kali.Gagal dalam menjalani tes sudah biasa Kalau tetap semangat barulah kemudian kita bakal bisa lolos.

Apalagi kalau psikotes tentang matematikanya, kadang suka bingung-bingung gimana gitu, beberapa pertanyaanya menjebak dan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi. Berikut beberapa soal yang Dilansir dari situs sahabatnesia, apa saja yuk pantengin. 

1. Contoh Soal Psikotes Matematika (Aritmatika)

Untuk mengerjakan 1 unit rumah minimalist dibutuhkan waktu 36 hari dengan 12 tenaga kerja. Berapa waktu yang akan dihabiskan bila menggunakan 24 orang tenaga kerja?

A. 14 Hari

B. 15 Hari

C. 16 Hari

D. 17 Hari

E. 18 Hari

Pembahasan

36 hari = 12 tenaga kerja

x hari = 24 tenaga kerja

36 . 12 = 24 . x

x = 18

Berarti waktu yang dihabiskan bila menggunakan 24 orang adalah 18 hari.

Jawaban: E

Tes Logika Penalaran

Soal tes logika penalaran terdiri atas deret gambar baik 2 ataupun 3 dimensi dan lain sebagainya. Yang menjadi penilaian dalam tes ini adalah kemampuan seseorang dalam memahami pola-pola tertentu atau kecendrungan dengan melakukan prediksi berdasarkan pola gambar tersebut.

Psikotes suka memusingkan bagi sebagian orang (Diginomica.com)

Tips dan Cara Mengerjakan Soal Logika Penalaran

Sebelum kamu mengerjakan tes logika penalaran ini, konsentrasikan pikiran kamu terlebih dahulu. Hati-hati dan harus teliti dalam mengerjakan soal. Karena bentuk-bentuk yang diberikan hampir serupa walaupun sebenarnya tidak sama. Jika kamu dapat mengerjakan salah satu goal segerahlah melompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Contoh Soal Psikotes PAPI (Perception and Preference Inventory)

Tes PAPI lebih cenderung kepada tes kepribadian diri, yakni mengungkapkan motivasi, lever energi, gaya kepemimpinan, lingkungan sosial, hubungan sosialisasi, dan temperamen antara sesama karyawan dan atasannya.

Soal psikotes (sahabatnesia.com)

a. Saya adalah pemimpin yang baik.

b. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan teliti.

Tips dan Cara Mengerjakan Soal Tes PAPI

Sebelum kamu mengerjakan soal tes PAPI, panitia psikotes akan memberikan aba-aba, seperti kamu akan diminta untuk memilih salah satu kecenderungan yang menurut kamu ada pada diri kamu atau yang paling sesuai dengan sifat yang kamu miliki.

Jika jawaban kamu adalah pernyataan yang pertama maka kamu akan diminta untuk melingkari tanda panah diatas nomor soal dan begitu pula sebaliknya. Saran saya kamu harus menyesuaikan jawaban dengan jenis serta posisi pekerjaan yang kamu inginkan.

Dan masih ada banyak sekali sih sebenarnya beberapa contohnya ya seperti:

- Soal Psikotes Army Alpha Intelegence Test

- Soal Psikotes Baum Tree Test (Tes Psikotes Menggambar Pohon)

- Tes Logika Penalaran / Deret Gambar

- Soal Psikotes Analog Verbal

Yang bisa kamu dapatkan segala contohnya dari dari google.

Jangan Khawatir, yuk saatnya kamu belajar dan buktikan kalau kamu bisa gengs. Di soal psikotes berikutnya yakinlah kamu pasti lolos ya, Semangat.

Soal PAPI (sahabatnesia.com)