Bukan Sekedar Penguat Rasa, Ini Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Bukan sekedar bahan penyedap masakan, banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan karena didalamnya banyak terkandung zat-zat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masyarakat banyak menggunakan cuka apel  sebagai campuran bahan masakan dan juga sebagai penguat rasa. Namun, ternyata cairan asam yang berasal dari buah apel ini tidak hanya bisa untuk memasak saja lho. Di samping eksistensinya di dunia masak-memasak, manfaat cuka apel untuk kesehatan juga beragam.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan bisa kita dapatkan karena didalamnya terkandung asam asetat, asam gallic, katekin, vitamin A, B, B1, B2, B6, C, E, kalsium, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah deretan manfaat kesehatan dari cuka apel yang harus kamu tahu. Yuk, simak!

1. Menurunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) manusia. Cuka apel juga dapat membantu menjaga kadar gula tetap dalam batas normalnya.

Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin para penderita diabetes. Namun, konsumsi cuka apel harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter, ya, apabila kamu masih mengkonsumsi obat diabetes.

2. Menghambat Kerusakan Sel Pemicu Penyakit

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan (via Brewffe)

Kandungan polifenol pada cuka apel dapat membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel tumor ganas yang berisiko menjadi sel kanker. Selain itu, senyawa asam linolenik alfa yang terkandung dalam cuka apel baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan (via Watyutink)

Cuka apel mampu bekerja baik dalam mengatasi gejala peradangan dengan cara menghilangkan kuman yang menyebabkan infeksi, seperti radang tenggorokan. 

4. Mengatasi Sakit Perut

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan (via FarmerUncle)

Manfaat cuka apel yang paling banyak diketahui adalah mengatasi sakit perut. Biasanya, cuka apel dikonsumsi dengan cara dicampur dengan air putih, kemudian diminum.

Diare dan infeksi bakteri dapat teratasi karena cuka apel memiliki sifat antibiotik. Kandungan pektinnya juga dapat membantu menenangkan kejang usus.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan (via UtakAtik)

Cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat menjaga kesehatan kulit. Cuka apel dapat membantu proses eksfoliasi yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru.

Nah, itu dia 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan  yang jarang diketahui. Setelah meminum cuka apel, sebaiknya berkumur dengan air putih, ya. Hati-hati, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan gigi!

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan (via Hello Sehat)