Lagi Sering Disebut, Apa Sih Pengertian Gen Z dan Ciri-Cirinya?

Istilah ini sekarang banyak beredar baik di media cetak maupun digital, namun apa sebenarnya pengertian gen Z dan bagaimana ciri-cirinya?

Pasti kamu sering mendengar atau membaca kata Gen Z, entah itu secara digital atau cetak. Gen Z merupakan generasi yang lahir setelah generasi Y. Untuk mengetahui pengertian dan ciri-ciri Gen Z yang lebih mendalam, simak artikel ini, yuk!

Gen Z adalah sebutan bagi orang-orang yang lahir tahun 1995 sampai 2010. Biasanya, generasi ini disebut juga sebagai iGeneration yang berarti generasi internet. Istilah itu muncul karena kelompok ini selalu terhubung dengan dunia maya.

Mereka juga sangat mampu melakukan apapun dengan kecanggihan teknologi yang tersedia, seakan mereka adalah penguasa teknologi. Sejak kecil, mereka sudah dekat dengan teknologi maupun dunia maya, sehingga sangat berpengaruh bagi perkembangan kepribadian dan kehidupan mereka.

Mudahnya akses memperoleh informasi yang sangat luas membuat para Gen Z lebih percaya diri dan aktif dalam berkomunikasi dan berekspresi dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya. Bahkan, cara mereka yang spontan membuat mereka seakan tanpa sopan santun.

Pengertian Gen Z dan Ciri-Cirinya (via Brookings Institution)

Kedekatan Gen Z dengan internet memberi kebiasaan buruk bagi sebagian dari mereka, salah satunya adalah mengumbar privasi. Beragam jenis aplikasi media sosial menjadi ajang pamer dan saling bersaing mengumbar privasi.

Namun, sisi positifnya adalah Gen Z secara umum dapat hidup lebih mandiri dan penuh ambisi dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya pada usia yang sama. Mereka juga mampu mengambil keputusan dengan tegas tanpa melibatkan pendapat orang lain.

Pengertian Gen Z dan Ciri-Cirinya (via Cretivox)

Tidak hanya itu, Gen Z  lebih bisa menerima dengan toleransi dan sikap lapang dada tentang adanya setiap perbedaan. Mereka dinilai dapat menghormati setiap orang yang ada di sekitarnya. Itulah dia pengertian Gen Z beserta ciri-cirinya. Semoga bermanfaat, ya.

Pengertian Gen Z dan Ciri-Cirinya (via Good News From Indonesia)