Contoh MoU Kerjasama, Disimak Nih... Kali Aja Kalian Mau Bikin Kontrak Kerja

Contoh Mou tuh kayak gimana sih? Udah, kalem aja... kita kasih nih contohnya buat kalian.

Contoh MoU tuh kayak gimana sih? Eits, sebelum ngeliat contohnya, kalian perlu tau apa itu MoU gengs. MoU adalah singkatan dari Memorandum of Understanding. Ini adalah sebuah surat yang digunakan untuk bikin kerjasama dari dua belah pihak yang berbeda. 

Dalam Black's Law Dictionary, MoU adalah pernyataan yang ditulis dan berisikan uraian persyaratan sebuah kesepakatan. Termasuk juga transaksi secara tidak langsung, pengikat kontrak, atau pernyataan yang dibuat berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Menurut sejumlah ahli, Mou punya beberapa unsur nih. Pertama, MoU adalah soal kesepakatan pendahuluan. Kedua, MoU berisi tentang hal-hal yang diutamakan atau pokok-pokoknya. Ketiga, MoU dibuat dalam bentuk kontrak dan disertai dengan peraturan atau konsekuensi yang mengikat. 

Ini harus disepakati gengs. Makanya, jangan buru-buru pengen tau contoh Mou gengs. Hehehe....

Nah, ada beberapa poin yang harus diperhatikan untuk struktur dalam perjanjian MoU. Coba simak nih.

MoU kerjasama (irna.ir)

1. Kolom pernyataan untuk tanda tangan pada lembaran contoh MoU harus dilengkapi dengan identitas kedua belah pihak. Atau bisa juga sih diwakilkan.

2. Ada kolom pengertian umumnya. Di kolom ini, harus dijelasin juga tuh definisi dibuatnya MoU kerjasama. Semua harus diuraikan secara jelas dan detail. Coba kalian bisa tanyain nih sama orang yang udah pernah ngerjain MoU. Lihat contoh MoU-nya deh.

Bikin MoU kerjasama (samacharnama.com)

3. Selanjutnya, kalian perlu mencantumkan di dalam lembaran MoU itu tujuan. Tujuan dibuatnya MoU kerjasama ini harus jelas loh gengs. Kamu harus uraikan maksud dan tujuan dari dibuatnya perjanjian tersebut. Perhatikan contoh MoU yang udah pernah dikerjakan orang.

4. Waktu kalian diberi tugas untuk mengerjakan contoh MoU, kalian gak boleh lupa sama lingkup pekerjaannya. Lingkup pekerjaan dalam surat perjanjian hanya mengaikan dua pihak. Maka, perlu ada penjelasan tentang itu, tulis lingkup pekerjaannya secara mendetail.

5. Contoh MoU yang memenuhi syarat dilengkapi juga dengan teknis pelaksanaannya. Ini adalah ulasan soal tanggung jawab dan jenis pekerjaan yang dilaksanakan dua belah pihak. Tulis juga secara detail ya gengs.

Ilustrasi perjanjian MoU kerjasama (silversoft.co.za)

6. Kewajiban dan sanksi perlu kamu masukkan dalam lembaran MoU. Ini contoh MoU yang memenuhi syarat. Kalian bisa berikan gambaran soal kewajiban hingga sanksi kalo terjadi sebuah pelanggaran dalam kontrak yang sama-sama ditandatangani itu.

Kalian juga harus tau soal segala upaya hukum maupun konsekuensi yang akan dikenakan kepada dua belah pihak yang terlibat.

7. Penutupnya, dalam contoh MoU yang pernah dibuat adalah tanda tangan. Kalian perlu menandatanganinya jika sudah terlibat dalam surat tersebut. Jangan lupa, kalian harus melengkapinya juga dengan meterai tempel. Surat ini gak sembarangan, dan berlandaskan hukum gengs. Jadi, kalian harus serius juga nih.

Itu deh gengs contoh MoU kerjasama. Disimak baik-baik nih... kali aja kalian mau bikin kontrak kerja atau kerjasama dengan pihak lain. Semua demi kemajuan dalam bidang usaha yang sedang kalian geluti gengs.

Tanda tangan MoU... penting nih (rdc.pl)