Bencana Tsunami Palu dan 4 Lainnya yang Terekam Kamera

Rangkaian gempa dan tsunami mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Akibatnya kerusakan timbul kerusakan di mana-mana. Selain di Palu, kamera sempat mengabadikan beberapa peristiwa tsunami.

Hingga saat ini, sebanyak 832 warga ditemukan meninggal dunia karena peristiwa ini. Sementara itu, ribuan orang lainnya dirawat di rumah sakit dan di halaman-halaman terbuka. 

Dampak dari bencana alam ini antara lain berbagai bangunan, mulai rumah, pusat perbelanjaan, hotel, hingga rumah sakit ambruk sebagian atau seluruhnya karena guncangan gempa yang mencapai magnitudo 7,4 hingga sapuan gelombang tsunami setinggi 1,5-3 meter.

Kedahsyatan tsunami tersebut sempat terekam kamera warga pesisir pantai Palu yang selamat dari bencana. Bagaimanapun, gelombang tsunami adalah bencana alam yang jarang terjadi. Maka dari itu, keberadaan video dapat memberi bayangan kita bagaimana terjadinya bencana alam ini.

1. Tsunami Palu

Selain di Palu, terdapat 4 tsunami lain yang berhasil diambil videonya. Gelombang tsunami di mana aja sih?

Area tsunami Aceh (wikipedia.org)

2. Tsunami Aceh

Tsunami Aceh adalah bencana dengan korban terbanyak dalam sejarah manusia. Gelombang tsunami ini terhitung bencana trans-Samudra Hindia karena menggapai daerah Thailand, Sri Lanka, India, dan sebagian lainnya di pantai timur Afrika. Total korban dari sapuan gelombang besar ini sekitar 227.898 jiwa. Aceh sendiri menyumbang 167.540 jiwa. 

3. Tsunami Fukushima

Bencana ini bernama resmi Tsunami Tohoku. Tetapi kadang menjadi bencana Fukushima karena gempa yang mendahului tsunami menghancurkan Fukushima Daiichi Nuclear Power Plant Complex. Bencana bahkan bertambah parah karena kebocoran nuklir. Gempa ini sendiri menjadi gempa terbesar yang pernah tercatat oleh negara yang memang langganan gempa ini.

Pembangkit listrik energi nuklir Fukushima yang hancur (wikipedia.org)

4. Tsunami Chili

Letaknya yang menghadap lempeng dan Samudra Pasifik secara langsung, membuat negara Chile juga kerap menjadi langganan gempa dan tsunami. Magnitudo terbesar dari gempa yang pernah terekam masih dipegang negara ini sebesar 9,6 Skala Richter (SR) pada tahun 1960. Negara ini kembali diterpa gelombang tsunami pada tahun 2010 dan 2015.

Kerusakan akibar tsunami di Chili (skymetweather.com)

5. Mini Tsunami Spanyol

Meskipun dampak mini tsunami Spanyol tidak terlalu besar, namun tsunami yang disebakan oleh cuaca buruk ini juga memakan korban. Seorang laki-laki berusia 53 tahun yang merupakan turis asal Jerman meninggal karena dihanyutkan oleh gelombang besar ini.

Jadi, itu dia 5 bencana alam gelombang tsunami yang sempat terekam oleh kamera. Mari kita doakan para korban semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.