Amazing, Ini Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala

Pernah mendengar ada beberapa hewan yang bisa hidup tanpa kepala? Para peneliti akhirnya menemukan alasan mengapa mereka bisa bertahan dengan kondisi seperti itu dalam jangka waktu lama.

Pernah dengar tentang hewan yang bisa hidup tanpa kepala ? Apakah itu benar? Menurut para ahli, memang ada beberapa fauna yang karena suatu alasan tetap bisa bertahan selama beberapa waktu walau bagian kepalanya terpotong. 

Hal tersebut dikarenakan pusat kesadaran hewan-hewan tersebut tidak berada di kepala. Walaupun terlihat menyeramkan, namun ini adalah bagian unik dari keanekaragaman di atas bumi. Penasaran, gak, apa saja hewan-hewan ajaib itu? Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Salamander

Hewan ini adalah salah satu hewan yang bisa hidup tanpa kepala. Salamander memiliki kemampuan spesial, yaitu mampu meregenerasi setiap anggota tubuhnya yang terpotong, bahkan jika itu adalah kepala maupun organ dalam.

2. Kecoa

Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Ikons.id)

Kecoa juga bisa hidup tanpa kepala bahkan sampai berminggu-minggu, lho! Kecoa tidak memiliki sistem peredaran darah yang sama seperti manusia. Kecoa memiliki gumpalan ganglia yang bisa melakukan fungsi saraf dasar. Itu sebabnya kecoa masih berfungsi dan bergerak meski tanpa kepala.

3. Lalat betina

Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Antaranews)

Tahukah kamu bahwa kepala hewan ini biasanya terputus karena perlakuan kasarnya ketika bercinta? Meskipun kepalanya terputus, lalat betina masih bisa hidup. Kemudian, dia hanya akan mati jika dia sudah tidak ada makanan yang dicerna pada sistem pencernaannya. 

4. Gurita

Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Brilio.net)

Hewan ini ternyata tidak terlalu mengandalkan otak di dalam kepalanya. Sistem tubuhnya juga tersebar di seluruh tentakelnya dan masing-masing dilengkapi dengan sistem saraf. Itulah yang menyebabkan gurita dapat tetap bergerak meskipun kepalanya terpotong.

5. Cacing pipih

Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Tempo.co)

Cacing pipih bisa hidup tanpa kepala. Hewan ini memiliki sistem sensorik ekstraokuler, yaitu kemampuan jaringan-jaringan tubuhnya yang siap menggantikan fungsi mata. Begitu mata mereka tumbuh kembali, tugas itu akan diambil alih kembali.

Nah, itu dia deretan hewan yang bisa hidup tanpa kepala  beserta penjelasannya. Karenanya, jangan kaget jika nantinya kamu melihat mereka tetap bergerak walau anggota badan vitalnya sudah terpotong. Ajaib ya, mereka? Tapi tetap ingat untuk tidak menyakiti mereka, ya!

Deretan Hewan yang Bisa Hidup Tanpa Kepala (via Mongabay)