Bahaya Makan Mie Setiap Hari, Enak Tapi Berakibat Fatal

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti memiliki mie instan sebagai persediaan makanan di rumah, kos, bahkan kantor. Tapi tahukah kamu apa dampaknya?

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti memiliki mie instan  sebagai persediaan makanan di rumah, kos, bahkan kantor. Makanan yang praktis dan lezat ini menjadi favorit semua kalangan usia.

Namun, ketahuilah bahwa konsumsi mie instan yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, bahkan berbahaya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ternyata tidak bisa digantikan oleh mie instan. Selain itu, ada sederet bahaya lainnya juga yang mengintai. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Meningkatkan risiko penyakit liver

Karena pembuatan mie instan melalui proses pengolahan yang panjang, pasti terkandung pengawet dan zat aditif di dalamnya. Jika dikonsumsi terlalu sering, makanan sulit terurai dan menekan kerja liver atau organ hati. Jika lemak yang menumpuk sudah terlalu banyak, akan terjadi kerusakan pada liver.

2. Memicu obesitas

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari (via FirstCry Parenting)

Makan mie instan memang bisa mengenyangkan. Tapi, tanpa kamu sadari, mie instan juga cepat membuat lapar kembali dan kamu akan tergoda untuk makan lagi.

Sebagian orang mengkonsumsi mie instan di tengah malam, disandingkan dengan nasi pula. Padahal, mie instan mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Kalau kamu makan mie instan terlalu sering, kamu bisa berisiko mengalami obesitas.

3. Meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari (via Iradio)

Bahaya lainnya dari makan mie instan terlalu sering adalah meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Kandungan sodiumnya dapat merangsang peningkatan tekanan darah. Maka dari itu, bagi kamu yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang satu ini, apalagi terlalu sering.

Nah, itulah beberapa bahaya yang mengincar jika kamu makan mie instan  tiap hari. Apabila lapar tengah malam, lebih baik pilihlah makanan lain yang lebih menyehatkan, seperti buah-buahan segar atau sayuran. Yuk mulai terapkan hidup sehat!

Bahaya Makan Mie Instan Setiap Hari (via Kompas com)