GOKS! 5 Orang Asal Indonesia Ini Punya Gelar Akademik Banyak Banget, Ada yang Sampai 32 Gelar

GOKS! 5 Orang Asal Indonesia Ini Punya Gelar Akademik Banyak Banget, Ada yang Sampai 32 Gelar

Buat banyak masyarakat Indonesia, sekolah tinggi dan mendapat gelar sarjana adalah sebuah pencapaian dan kebanggaan tersendiri. Mereka yang berasal dari desa bahkan rela menjual sawah atau hewan ternaknya agar anak bisa sekolah tinggi di universitas.

Biasanya, mereka yang sudah lulus sekolah akan sibuk mencari kerja atau merintis usaha sendiri. Tak sedikit juga yang kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, atau menempuh pendidikan lagi di jurusan berbeda.

Nah, di bawah ini adalah beberapa orang yang memang gemar sekolah tinggi sampai-sampai memiliki banyak gelar. Bahkan ada yang punya 32 gelar lho!

1. Yenita (13 gelar akademik)

Yenita, salah seorang dosen Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (Untar), memiliki 13 gelar akademik dari berbagai universitas ternama membuktikan bahwa wanita juga bisa berprestasi dan menuntut ilmu setinggi-tinggi sama seperti pria.

Tak hanya pintar di akademik, Yenita juga ahli memainkan beragam alat musik seperti piano, keyboard, organ.

2. Achmad Tarmizi (11 gelar akademik)

Potret Yenita (gaya.tempo.co)

Seorang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan bernama Achmad Tarmizi memiliki 11 gelar akademik dan 72 gelar non-akademik. Karena prestasinya tersebut, ia mendapatkan penghargaan dari MURI.

Dengan gelar sebanyak itu, Achmad Tarmizi hendak mengabdikan diri pada negara dan mengamalkan ilmu-ilmu yang telah ia dapat.

3. Franz Astani (11 Gelar Akademik)

Franz adalah peraih gelar terbanyak berikutnya yang juga peraih rekor MURI untuk kategori gelar terpanjang pada 2005 lalu.

Franz juga merupakan pemegang rekor MURI untuk tujuh gelar dalam usia 49 tahun. Ia bahkan berhasil meraih gelar MURI sebagai penuntut ilmu untuk rentang waktu yang paling lama, yakni 44 tahun.

4. Welin Kusuma (32 Gelar Akademik)

Potret Achmad Tarmizi (kompas.tv)

Nah, kalau yang satu ini agak di luar nalar sih. Pasalnya, Welin Kusuma ini memang punya hobby kuliah dan belajar. Jadi tak jarang jika ia kini memiliki 32 gelar akademik. Karena pencapaiannya tersebut pula, ia tercatat sebagai pemegang rekor MURI pada 2012 dan peraih Gelar Multi-disiplin terbanyak, dan pengambil Sistem Kredit Semester Terbanyak. MANCUP!

5. Achsin (14 Gelar Akademik)

Mengalahkan Yenita yang adalah dosen Ekonomi Untar. Achsin yang juga dosen Ekonomi Universitas Brawijaya ini memiliki gelar akademik berjumlah 14. WOW banget deh Pak!

Achsin sampai saat ini masih aktif mengajar sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Itu tadi 5 orang berprestasi yang memang punya hobi sekolah dan belajar. Jadi gak heran juga kalau gelar akademik yang mereka miliki banyak banget. 

Gimana menurut kalian ges?

Foto-foto wisuda Welin Kusuma (dream.co.id)