Penyebab Mimisan Tiba-tiba, Begini Lho Cara Penanganannya

Mimisan adalah istilah pendarahan yang terjadi pada lubang hidung. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun dan secara tiba-tiba sehingga penting untuk mengetahui penyebab mimisan tiba-tiba beserta cara penanganannya.

Mimisan bisa terjadi kepada siapapun secara tiba-tiba. Kondisi ini tidak boleh diabaikan meskipun ada yang tergolong ringan dan dapat diatasi sendiri. Agar bisa diatasi dengan tepat, kamu perlu tahu beberapa penyebab mimisan.

Bagian septum pada hidung merupakan salah satu tempat pembuluh darah yang cukup rapuh. Kebiasaan mengorek hidung dan adanya udara yang kering dapat menyebabkan septum hidung jadi rentan mengalami pendarahan.

Selain kebiasaan itu, ada beberapa penyebab mimisan lainnya, yaitu bersin terlalu keras, masuknya benda asing ke dalam hidung, cedera pada hidung, kondisi stres, penggunaan kokain, tekanan darah tinggi, dan polip hidung.

Mimisan ringan bisa diatasi sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang tepat, yaitu duduk dengan posisi tegak dan condong ke depan, pencet pangkal hidung, bernapas dengan mulut, kemudian kompres pangkal hidung dengan air dingin.

Penyebab Mimisan Tiba-tiba dan Cara Penanganannya (via Lifepack.id)

Apabila mimisan terjadi karena terjadi cedera pada bagian hidung, mempengaruhi pernapasan, dan penanganan mandiri tidak membuahkan hasil hingga lebih dari 20 menit, penanganan harus dilakukan oleh dokter.

Tindakan yang akan dilakukan dokter adalah kauterisasi dan menyumbat rongga hidung. Kauterisasi adalah penutupan kembali pembuluh darah yang pecah dengan menggunakan energi panas. Dalam pengobatan ini, kamu akan dibantu dengan proses anestesi lebih dahulu.

Penyebab Mimisan Tiba-tiba dan Cara Penanganannya (via Brilio)

Sementara menyumbat rongga hidung dilakukan dengan menggunakan kasa. Kasa akan mengembang dalam hidung dan berfungsi untuk memberi tekanan di area pembuluh darah yang pecah. Metode ini perlu observasi lebih lanjut serta perawatan medis secara khusus.

Itulah beberapa penyebab mimisan  beserta cara penanganannya. Untuk menghindari mimisan, jagalah tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, pastikan kelembaban ruangan terjaga, dan hindari paparan asap rokok.

Penyebab Mimisan Tiba-tiba dan Cara Penanganannya (via Garisatu)