Penuh Risiko! Seperti Ini Beratnya Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut yang Gajinya Super Besar

Penuh Risiko! Seperti Ini Beratnya Pekerjaan Tukang Las Bawah Laut yang Gajinya Super Besar

Di dunia, ada banyak profesi yang bisa kita geluti dan dijadikan sumber penghasilan. Sayangnya, tak semua profesi mudah didapat atau dilakukan. Semua pekerjaan punya risiko sendiri-sendiri. Biasanya, semakin besar risikonya, semakin besar bayarannya.

Seperti profesi yang satu ini, yaitu tukang las bawah laut. Nahlo! Kebayang gak susah dan beratnya pekerjaan ini?

Tukang las bawah laut dikenal punya jasa besar membenahi kerusakan jaringan internet yang ada di bawah laut.

Belum lama ini, sebuah kabel laut JaSuKa (Jawa Sumatra Kalimantan) ruas Batam-Pontianak mengalami kerusakan. Padahal kabel ini adalah kabel laut terpanjang di dunia. Panjangnya sekitar 10.860 kilometer.

Selain itu, kabel ini tak hanya menghubungkan koneksi digital di seluruh Indonesia, melainkan juga Bandar Bukit Tinggi, Malaysia.

Potret Tukang las bawah laut ketika sedang bekerja (kalimantana.com)

Hebatnya, kerusakan tersebut bisa diperbaiki oleh teknisi kabel bawah laut.

# Kualifikasi Khusus Profesi Teknisi Khusus Kabel Bawah Laut

Karena tukang las bawah laut bertugas memperbaiki pipa minyak dan gas, struktur kapal, pipa air, pengeboran lepas pantai, dan tentunya kabel bawah laut yang rusak, maka dari itu mereka wajib menguasai ilmu yang berhubungan dengan semua tadi itu. Selain itu, kualifikasi yang harus dipenuhi juga banyak.

Tukang las harus punya sertifikat menyelam, las bawah laut,  dan sertifikat-sertifikat lain yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini.

Hijabers pertama yang bekerja sebagai tukang las bawah laut di Malaysia (hijab.dream.co.id)

# Risiko Pekerjaan yang Tinggi

Buat yang belum tahu, profesi teknisi khusus kabel bawah laut ini memang bergaji ratusan juta per bulan. Tapi jangan terlena dulu dengan angka gajinya. Sebab risiko pekerjaannya berbanding lurus dengan gajinya yang banyak tadi.

Dengan gaji bisa sampai Rp3 miliar per tahun, mereka harus berhadapan dengan berbagai bahaya mengancam, seperti: terkena arus listrik, terkena tekanan rendah bawah air, menghirup gas alat kerja, gangguan hewan dalam laut misalnya ikan besar. Nahlo! Ngeri kan?

Itu tadi gambaran tentang profesi ekstrem dengan bayaran tinggi yaitu tukang las bawah laut. Gimana ges, tertarik untuk bekerja di bawah laut juga seperti mereka?

Latihan las bawah laut atau underwater welding (kongkrit.com)