Deretan Bahan Makanan Pengganti Garam, Sehat dan Aman untuk Bayi

Pemberian garam yang berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan perkembangan otak. Lalu adalah makanan pengganti garam yang enak dana aman?

Karena sistem metabolisme yang belum sempurna, memberikan makan pada bayi memang tidak boleh sembarangan. Salah satu bahan yang harus dihindari saat memberikan MPASI adalah garam. Pasalnya, pemberian yang berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, misalnya kerusakan ginjal atau gangguan perkembangan otak. Lalu adalah bahan makanan pengganti garam  yang enak dana aman?

Namun masalahnya, makanan yang tidak mengandung garam umumnya hambar dan tidak sedap. Hal ini juga mempengaruhi nafsu makan bayi dan membuat mereka enggan membuka mulut untuk makan. Namun tenang, Ma! Cobalah menggunakan beberapa alternatif bumbu di bawah ini untuk menghindari GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada si kecil. 

1. Ketumbar

Bumbu yang satu ini tidak sulit untuk didapatkan dan pastinya akrab dengan kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat kandungan berbagai antioksidan yang dapat membantu memelihara kesehatan si kecil. 

Selain itu ketumbar juga cocok menjadi bumbu sup dalam MPASI sensasi hangat yang muncul ketika masuk ke dalam mulut. Bumbu ini juga cocok untuk membuat sup dan memberikan rasa lezat dan gurih di dalamnya. 

2. Parutan kulit lemon

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)

Belakangan ini lemon memang menjadi Primadona di dunia kesehatan. Selain dikenal mampu membantu menurunkan berat badan, bahan yang satu ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Namun tahukah mama bahwa kulit buah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan?

Cobalah parut kulit lemon dan campurkan pada makanan bayi. Rasa jeruk yang segar akan memberikan cita rasa pada masakan daging dan ikan sehingga tidak lagi terasa hambar tanpa garam. Mulai sekarang jangan pernah membuang kulit lemon ya. 

3. Bawang putih

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)

Hampir semua masakan selalu menggunakan bawang putih untuk menyedapkan rasanya. Ternyata bahan yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan rasa nikmat pada MPASI. Selain membantu melezatkan masakan, bawang putih juga punya segudang manfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. 

Dalam riset yang dirilis oleh Advances in Natural Therapy, disebutkan bahwa bawang putih dapat membantu memelihara kesehatan otak serta meningkatkan imun tubuh. Selain itu, pada orang dewasa, bahan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. 

4. Lada

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)

Berbagai makanan berkuah, misalnya sup atau tumisan, takkan lengkap tanpa bumbu lada di dalamnya. Nah, Kenapa tak memanfaatkannya juga untuk membuat MPASI? Sedikit taburan akan membantu menciptakan hidangan yang lezat untuk si kecil.

Perlu diketahui, lada bukan hanya bisa menyedapkan masakan. Bahan ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, misalnya mengurangi peradangan yang muncul akibat berbagai penyakit kronis, seperti kanker atau gangguan jantung.

5. Jahe

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)

Selain populer sebagai bahan minuman, jahe juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Kamu pun bisa menambahkannya dalam proses pembuatan MPASI si kecil. Walaupun sedikit pedas namun jahe cukup aman untuk lambung dan pencernaan bayi. 

Jahe sendiri juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, misalnya membantu mengurangi peradangan akibat berbagai macam faktor, misalnya penyakit kronis atau ancaman bakteri. Bumbu dapur yang satu ini cocok jika Mama ingin memberikan sup yang lezat untuk buah hati.

6. Kayu manis

 

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)

Bumbu dapur lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat MPASI adalah kayu manis. Rasanya yang lezat dan harum saat bercampur dengan masakan pastinya akan menggugah selera makan si kecil. Kayu manis sangat cocok ditambahkan pada masakan seperti bubur, yoghurt, outmeal, dan berbagai masakan lainnya. 

Itulah beberapa bahan makanan pengganti garam  yang bisa kamu coba. Dengan berbagai bumbu di atas memberikan MPASI si kecil bisa jauh lebih menyenangkan dan tidak perlu takut mereka melakukan GTM. Namun untuk menghindari si kecil bosan sebaiknya berikan secara bergantian. Untuk lebih jelasnya jangan lupa juga berkonsultasi dengan dokter anak, ya. 

Bahan Makanan Pengganti Garam (Pexels)