Kita Patut Bangga, Band - band Indie Indonesia Ini Sudah Sering Tampil di Luar Negeri

Jangan pandang sebelah mata dulu karena band-band indie Indonesia sudah banyak yang wara-wiri tampil dalam acara festival musik di luar negeri.

Musik Indonesia semakin beragam dengan kemunculan para band Indie. Band indie Indonesia mulai populer di awal tahun 2000-an. Kota Jakarta dan Bandung disebut sebagai dua kutub terbesar pergerakan band indie di Indonesia karena banyak band Indie yang muncul dari kota itu.

Beberapa band indie Indonesia ternyata tak hanya terkenal di Indonesia saja karena para musisi yang tergabung dalam band tersebut sudah menaklukan panggung-panggung di luar negeri, dari mulai lintas benua Asia hingga Eropa. Siapa sajakah band-band tersebut?

1. Mocca

Mocca merupakan band asal Bandung, Jawa Barat. Mocca yang mengusung aliran indie pop sudah tampil di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang,dan beberapa negara yang lain. Bahkan pada festival Asia Song Festival 2017 lalu, grup band yang hampir bubar karena sang vokalis sempat tinggal di Amerika Serikat ini masih eksis sampai sekarang.

2. The SIGIT

Band garage rock yang memiliki kepanjangan The Super Insurgent Group of Intemparance Talent ini juga berasal dari Bandung. The SIGIT bahkan sudah pernah menjalani tur di beberapa kota di Australia. Grup band yang digawangi oleh Rekti (Gitar,Vokal), Fahcri (Gitar), Aditya (Bas), dan Acil (Drum) berhasil mempopulerkan beberapa lagu seperti Horse, Clove Doper, Detourne, dan beberapa lagu karya mereka.

Mocca (Grid.ID)

3. White Shoes and The Couples Company

Dari Bandung beralih ke Jakarta. White Shoes and The Couples Companya (WSATCC) merupakan keenam lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). WSATCC mulai dikenal lewat lagu Senandung Maaf yang menjadi soundtrack film Janji Joni pada 2005. Memainkan musik pop dengan sentuhan nuansa jazz, WSATCC beberapa kali menyapa penggemar mereka di luar negeri, dari Asia hingga Amerika Serikat lho, kala itu mereka tampil  di CMJ Music Marathon Festival dan South By South West. 

The SIGIT (Tribunnews)

4. Goodnight Electric 

Masih dari Jakarta, kali ini Goodnight Electric yang mengusung electronic pop ini juga sempat tampil di beberapa panggung di Asia hingga Eropa. Mayoritas karya Goodnight Electric menonjolkan lirik bahasa Inggris yang mungkin mempermudah para penikmat musik di luar negeri untuk menikmati lagu-lagu mereka.

White Shoes and The Couples Company (Kapanlagi.com)

5. Burgerkill

Dari kancah musik metal rasanya sepakat jika Burgerkill menjadi salah satu band indie asal Indonesia yang berhasil membuat publik dunia dengan musik yang mereka tampilkan. Sepeninggal sang gitaris, Eben beberapa waktu lalu banyak orang berharap Burgerkill tetap eksis dan kembali tampil di sejumlah panggung di luar negeri seperti negara di Asia, Eropa, hingga Amerika. 

Goodnight Electric (Detikcom)

Sayangnya kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi di dunia membuat beberapa band Indie asal Indonesia sepertinya alami kesulitan untuk tampil di luar negeri. Jangankan di luar negeri, di Indonesia pun mereka masih sulit untuk tampil di depan penonton, kecuali panggung virtual. 

Burgerkill (Kompas.com)