Enakan Pake Mouse Optik apa Laser? Temukan Jawabannya di Sini

Salah satu komponen PC yang paling penting adalah mouse. Dan banyak jenisnya. Pengguna PC pengen tahu gak bagusan yang mana?

Bagi yang kerap menggunakan PC (personal computer) untuk bekerja maupun main game pasti kenal dengan salah satu komponen bernama mouse ini. Mouse atau yang dalam bahasa Indonesianya 'tetikus', ini berfungsi untuk mengendalikan kursor.

Di pasaran banyak ditemukan jenis-jenis mouse. Mulai dari mouse bola yang jadul, mouse optik, atau mouse laser. Pengguna PC zaman sekarang tentu lebih menjatuhkan pilihan pada optik dan laser. Apalagi kalau kalian seorang gamer. Cari mouse ya yang paling mendukung kenyamanan nge-game kan.

Nah dari kedua pilihan ini, mana sih yang paling enak untuk dipake. Yuk temukan perbedaan, kekurangan, dan kelebihannya di bawah ini.

Untuk mengenali perbedaan antara tetikus optik dan laser, harus tahu dulu dong seperti apa rupa atau bentuk termasuk spesifikasinya. 

Mouse pada PC (tested.com)

Mouse Optik

Model ini menggunakan sinar dari photodioda yang berfungsi sebagai sensor. Sinar dioda ini nantinya akan ditangkap kamera optik mini untuk mengetahui dimana posisi cahaya. Sinar photodioda sangat baik digunakan pada permukaan yang tidak mengkilap. Pada kondisi yang optimal, sensor optik bisa membaca hingga 3.2 megapixel/s.

Tetikus model optik (windowscentral.com)

Mouse Laser

Cara kerja dari mouse laser sebenarnya sama dengan mouse optik. Hanya saja cahaya yang ditembakkan ke permukaan untuk kemudian ditangkap oleh sensor menggunakan infrared laser dioda. Piksel yang dihasilkan tentu lebih kecil. Untuk itu akurasi mouse ini jauh lebih tinggi. Pada kondisi yang optimal, sensor laser bisa membaca hingga 5.8 Megapixel/s.

Tetikus model laser (steelseries.com)

Perbedaan Mouse Optik dan Laser

Dengan masing-masing karakter tentunya kalian bisa menebak perbedaan mouse optik dan mouse laser. Mouse laser memang lebih akurat ketimbang mouse optik, namun kadang terlalu sensitif bagi beberapa orang yang butuh kestabilan mouse. Sedangkan kelebihaan mouse laser lainnya adalah dapat digunakan di permukaan mengkilap.

Efek sensor tinggi lainnya adalah mouse laser masih dapat membaca sensor ketika diangkat, sedangkan optik tidak. Untuk yang ga demen ada lampu-lampu LED, pilihan seharusnya jatuh ke mouse laser karena menggunakan cahaya infrared yang tidak dapat ditangkap oleh mata. Hanya saja harga mouse laser cenderung lebih mahal daripada mouse optik. Ya tinggal kalian pilih-pilih sendiri deh mana yang sesuai kebutuhan kalian.

Diagram perbedaan optik dan laser (criticalhit.net)