Benarkah Ikan Dori Sama dengan Ikan Patin? Berikut Penjelasan Ahli!

Benarkah Ikan Dori Sama dengan Ikan Patin? Berikut Penjelasan Ahli!

Mungkin kamu salah satu orang yang sampai sekarang bingung dengan identitas ikan dori. Apalagi kini banyak perbincangan di medsos bahwa ikan dori adalah ikan patin.

Banyak juga yang mengira bahwa ikan dori yang dijual di pasaran saat ini adalah jenis ikan Jhon Dory yang hidup di laut. 

Jadi, bagaimana fakta sebenarnya? Daripada bingung dan penasaran. Yuk, cari tahu ikan apa dori sebenarnya!

# Jenis Ikan Air Tawar 

Faktanya, ikan dori fillet yang sering diolah menjadi masakan fish and chips atau ikan dori goreng tepung adalah ikan patin yang hidup di air tawar.

Mantan menteri kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pernah menjelaskan bahwa ikan dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin yang hidup di air tawar. Bukan ikan John Dori yang hidup di laut.

"Dori sebetulnya itu sama dengan patin. Tapi umum mengetahui kalau namanya dori itu produk olahan dari luar. Yang produk Indonesia kita lebih sering menyebutnya dengan patin," ujar Edhy Prabowo.

# Menu Olahan Ikan Patin

Ikan patin atau dori biasa diolah menjadi pindang ikan patin. Terutama di Palembang. Sementara di restoran yang menyajikan menu western, ikan patin diolah menjadi menu 'fish and chips'.

Potret dori fillet (cdn.shopify.com)

Pembahasan soal ikan dori ini awalnya muncul dari cuitan seseorang bernama @hcahyono di Twitter tanggal 21 Juni 2020. Pria bernama asli Heru ini mengunggah fakta bahwa ikan dori fillet bukanlah jenis ikan dori, melainkan patin.

"Ternyata banyak yang baru tau kalau Dori fillet yang dibeli di modern market atau cafe cafe adalah fillet ikan patin," ucap Heru sambil menunjukkan foto daging ikan dori.  

Cuitan Heru tersebut sontak mengundang perhatian netizen. Ribuan netizen memberi beragam tanggapan seputar fakta yang diungkap Heru. 

Dori sebenarnya adalah merek dari produsen ikan yang berbasis di Vietnam. Namun banyak orang menyangka kalau dori adalah nama jenis ikan. Dori termasuk ikan fillet yang laris manis di pasaran terutama di pasar modern atau supermarket.

Menu pindang ikan patin khas Palembang (blog.tokowahab.com)

Ikan ini bisa diolah jadi beragam makanan. Yang paling populer yakni digoreng dengan balutan tepung dan disajikan bersama kentang goreng yang dikenal dengan sebutan fish and chips. Daging ikan berwarna putih ini terbilang empuk dan tebal, rasanya juga gurih jadi tak heran banyak digemari.

Nah, sekarang udah jelas kan kalau ikan dori fillet itu emang ikan patin.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Menu fish and chips dari olahan ikan dori fillet (tripadvisor.co.id)