10 Jajanan Populer Korea yang Enak dan Wajib Kamu Cobain, Udah Banyak yang Jual di Indonesia Kok!

10 Jajanan Populer Korea yang Enak dan Wajib Kamu Cobain, Udah Banyak yang Jual di Indonesia Kok!

Percayalah bahwa di dunia ini ada banyak hal nikmat yang tidak harus mahal. Dalam hal ini, adalah makanan, salah satunya street foodnya Korea!

Mulai dari jajanan yang manis dan gurih, hingga yang pedas. Setidaknya kamu butuh lebih dari satu hari untuk menikmati kelezatan gastronomi Seoul.

Kamu yang pecinta drama Korea, atau Budaya Negeri Ginseng pasti sudah gak asing dengan jajanan khas Korea. Meski mungkin tak semuanya pernah kamu dengar. Terlebih buat kalian yang belum familiar, di bawah ini beberapa street food Korea yang wajib kamu cobain! 

1. Tteokbokki (Kue beras pedas)

Jika kamu menyukai makanan yang pedas, tteokbokki Korea akan cocok untukmu. Jajanan ini terdiri dari kue beras Korea silinder yang diselimuti bumbu saus cabai. 

2. Gyeranppang (roti telur)

Gyerranppang adalah nama makanan jalanan Korea untuk roti telur. Penampilannya yang seperti muffin, dengan telur di atasnya. Jangan tanya rasanya, jika bau yang muncul dari jajanan ini tidak dapat dijelaskan saking menggodanya. Sangat cocok untuk sarapan, makan siang, camilan, dan makan malam dan yang terbaik.

3. Corn Dog

Jika kamu berpikir kamu hanya bisa mencicipi corn dog terbaik di AS atau Korea, kamu salah besar. Karena kini corn dog banyak dijual di Indonesia juga! WOoohooo! Corn dog adalah hotdog khas Korea. Jajanan ini merupakan sosis yang dilapisi adonan, yang kemudian digoreng. Tapi yang membuat corn dog Korea menarik adalah penampilannya yang unik dan variasinya. Kamu bisa menemukan corn dog gurita hingga corn dog kentang goreng, ada pula yang berisi mozzarela lumer yang legit bangetttt. Duhhh ngiler~

4. Odeng (Kue Ikan)

Berbicara tentang jajanan pinggir jalan terbaik di Seoul, odeng (kue ikan) pasti ada di pikiranmu. Odeng adalah salah satu snack favorit dan makanan pokok untuk kalian pecinta kuliner. Kue ikan ini ditusuk berlipat-lipat dan disajikan dengan kaldu. 

5. Hotteok (Panekuk isi)

Tteokbokki pedas (food.detik.com)

Hotteok adalah nama makanan jalanan Korea yang berarti panekuk isi. Hotteok Korea memiliki rasa manis dari isian dengan kayu manis, gula merah tua, dan kacang cincang. Ada juga isian gurih seperti kimchi atau japchae yang tersedia.

6. Kimbab (Nasi gulung rumput laut)

Kimbap, atau nasi gulung rumput laut, adalah makanan jalanan terkenal lainnya di Korea. Jajanan ini mirip seperti sushi Jepang, selembar rumput laut panggang yang membungkus nasi kukus, sayuran, dan isian daging.

7. Bungeoppang (roti berbentuk ikan)

Seperti makanan penutup taiyaki Jepang, kelezatan bungeoppang tak tertandingi. Kue berbentuk ikan yang diisi dengan pasta kacang merah yang manis dan dimasak dalam waffle iron berbentuk ikan hingga berwarna cokelat keemasan ini memang juaranya. Apalagi jika kamu mencoba bungeoppang dengan es krim vanilla atau cokelat di dalamnya. To die for! 

8. Pajeon (Panekuk gurih)

Makanan jalanan lain yang menakjubkan di Korea adalah Pajeon. Jauh dari panekuk manis biasanya, pajeon adalah panekuk Korea yang renyah dan gurih di mana adonannya terdiri dari tepung terigu, tepung beras, telur, dan daun bawang. Ada juga jenis pajeon lain yang bisa kamu coba, seperti bindaetteok (pancake kacang hijau), haemuljeon (pancake seafood), soegogi-jeon (pancake daging sapi), gochujeon (pancake cabai hijau), dan kimchi-jeon (pancake kimchi). Mungkin kalau di Indonesia mirip bakwan, dan di Jepang mirip okonomiyaki gitu ya.

9. Yangnyeom tongdak (Ayam Goreng Korea)

Jika kamu penggemar berat K-Drama, makanan jalanan Korea Selatan yangnyeom tongdak atau ayam goreng Korea tentu sudah tidak asing lagi bagimu. Apa yang membedakan ayam goreng Korea dari ayam goreng lainnya di dunia adalah kulitnya yang tipis dan renyah yang pecah di setiap gigitan. Rahasia mereka? Ayamnya digoreng dua kali untuk ekstra kerenyahan! Makanan Korea ini biasanya disajikan dalam cangkir tetapi kamu juga bisa memesannya di beberapa restoran Korea.

10. Japchae (Mie Kaca goreng dengan sayuran)

Hetteok isi coklat (cookandrecipe.com)

Japchae adalah makanan klasik Korea yang dimasak dengan tumis dangmyeon, yaitu mi kaca yang kenyal dan licin yang terbuat dari tepung kentang. Jajanan ini termasuk sayuran tumis dan berbagai topping seperti potongan telur, wortel, jamur, bayam, dan irisan daging sapi yang diasinkan, dengan biji wijen. Rasanya gurih dan juga manis. Dan tahukah kamu, street food Korea yang populer ini juga disajikan untuk setiap acara spesial di Korea?

Nah, itu tadi 10 jajanan jalanan Korea yang populer yang dan wajib kamu coba karena rasanya enak banget. Yuk, cobain!

Japchae Korea (idntimes.com)