Unik dan Legend, Ini 5 Fakta Unik tentang Kue Bulan alias Mooncake

Unik dan Legend, Ini 5 Fakta Unik tentang Kue Bulan alias Mooncake

Kue bulan alias mooncake merupakan makanan khas Tionghoa yang memiliki kisah menarik di baliknya. Setiap tahun, masyarakat yang mempercayai legenda tersebut berbondong-bondong membeli kue bulan untuk disantap saat terang bulan.

Menurut legenda, kue bulan menjadi persembahan bagi roh bulan, permaisuri Chang'e yang terbang ke bulan demi menyelamatkan diri dari kejaran suaminya yang kejam, Raja Hou Yi. Ada pula cerita kalau kue bulan adalah kue perjuangan. Beragam bentuk gambar di bagian atas kue ini menjadi pesan rahasia untuk menggulingkan kekuasan Mongol.

Dilansir dari laman The Star, Rabu (22/9/2021) berikut lima fakta unik tentang kue bulan alias mooncake yang kerap dianggap sebagai kue keberuntungan: 

- Kue Festival

Kue bulan menjadi kudapan yang wajib tersedia dalam Festival Mid Autumn. Mid Autumn merupakan festival penting bagi masyarakat Cina, selain perayaan Tahun Baru Imlek.

Festival Mid Autumn yang berlangsung di pertengahan musim gugur ini tak hanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Orang Jepang juga turut merayakan dengan cara tsukimi atau melihat bulan. Sementara di Korea, mereka memperingatinya dengan berkunjung ke rumah para leluhur.

Masyarakat Vietnam juga menghadirkan kue bulan saat merayakan Tet Trung Thu atau Festival Anak. Dan penduduk Kamboja merayakan Festival Air dan Bulan pada akhir Oktober hingga November untuk memberikan penghormatan pada bulan.

- Alat untuk Revolusi

Seperti yang sudah dinukilkan sebelumnya, para pejuang Tionghoa berusaha mengakhiri kekuasaan Dinasti Yuan dari Mongol dengan cara sembunyi-sembunyi. Para pejuang berkirim pesan rahasia melalui gambar yang terlihat di bagian atas kue bulan. Strategi brilian ini berhasil dan lahirlah Dinasti Ming. Orang-orang memperingati hari kebebasan mereka dengan saling berbagi kue bulan.

Mooncake atau Kue Bulan (Pinterert)

- Kue Bulan dari Emas

Pada 2017 silam terdapat kue bulan yang memecahkan rekor di Malaysia. Kue bulan ini menjadi kue bulan yang termahal dengan harga Rp13,2 juta per buah. The Most Expensive Commercial Mooncake atau kue bulan termahal ini berkulit salju seberat 1,24 kilogram dengan diameter 17,4cm dan tebal 4cm.

Bagian dalam kue bulan terbuat dari serpihan emas 24 karat, ginseng, cordyceps atau sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan, dan sarang burung walet. Sebelumnya ada kue bulan terbesar di Cina dengan berat 12,98 ton. Kue tersebut kemudian dibagikan kepada 110 ribu orang.

- Variasi kue Bulan

Setiap daerah memiliki variasi kue bulan yang berbeda. Kue bulan buatan orang Kanton biasanya manis dengan isian pasta teratai dan kuning telur. Sedangkan di Guangdong, kue bulan berisi ham, pasta biji melon, ayam, bebek, hingga babi panggang. Di Yunnan, kue bulan memiliki isian ham atau bunga. Ada pula kue bulan kulit salju dari Hong Kong yang harus disimpan dalam lemari es. 

Sekarang ada beragam cita rasa kue bulan. Ada kue bulan mie instan, kue bulan Dinosaurus Milo, kue bulan daging panggang, kue bulan tom yum, sampai kue bulan rasa udang kering. Sungguh varian rasa yang sangat unik.

Mooncake atau Kue Bulan (Pinterert)

- Kue Bulan, Kue Valentine

Bagi masyarakat Tionghoa, selain pada hari ke-15 dari bulan pertama, Festival Mid Autumn merupakan Hari Valentine mereka. Dengan cahaya lembut sinar bulan, udara perayaan dan hiasan lentera cantik menjadi waktu yang pas untuk bertemu dengan calon pasangan hidup.

Mooncake atau Kue Bulan (Pinterert)