Mengulas Macam-macam Sambal di Indonesia, Bikin Nafsu Makan Bisa Bertambah

Indonesia memiliki banyak macam-macam sambal yang dicampur di makanan. Apa saja sih sambal-sambal yang ada di Indonesia?

Orang Indonesia merasa kurang bila makan tanpa sambal. Di Indonesia terdapat banyak macam-macam sambal yang memiliki cita rasa berbeda-beda. Sudah pasti sambal membuat makanan bertambah pedas.

Sambal-sambal di Indonesia ini pun cukup populer bagi pecinta kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki sambal yang disesuaikan dengan kuliner khas daerah  tersebut. Kalau kamu paling suka yang mana?

1. Sambal Terasi

Sambal terasi berasal dari Jawa Barat. Sambal ini selalu ada di warung makan hingga restoran khas Sunda. Biasanya sambal terasi dimakan dengan lalapan yang semakin menggugah selera. Aroma sambal ini berasal dari terasi yang cukup menyengat. Sambal terasi terbuat dari cabe rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, dan garam.


2. Sambal Dabu-Dabu

Sambal ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal dabu-dabu merupakan jenis sambal yang diiris kecil-kecil terdiri dari bahan cabe merah, bawang merah, kemangi, cabe hijau, tomat, jeruk nipis, garam, dan air jeruk nipis. Meskipun pedas saat disantap namun sambal ini menyegarkan. Dabu-dabu cocok disajikan dengan makan ikan bakar khas Manado.

Sambal Terasi (Suara.com)

3. Sambal Matah

Kalau sambal ini berasal dari Bali. Sesuai namanya sambal ini memang tidak dimasak alias disajikan dalam kondisi mentah. Sambal matah muda dibuat karena hanya menggunakan  serai, bawang merah, terasi bakar, air jeruk nipis, daun jeruk purut, dan garam. Sambal matah cocok disajikan bersama makanan khas Bali seperti sate lilit, ayam dan ikan bakar.

Sambal Dabu-Dabu (CNN Indonesia)

4. Sambal Ijo

Sambal ini terkenal saat disajikan dengan masakan Padang. Sambal ijo selalu ada di rumah makan Padang. Memang sambal ini selalu cocok jika dicampur dengan makanan bersantan. Sambal ini terbuat dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam yang diulek halus dan ditumis hingga harum.

Sambal Matah (Kompas.com)

5. Sambal Bajak

Sambal bajak mirip dengan sambal terasi dari segi warna. Namun tingkat kepedasannya lebih menis dan tidak terlalu pedas. Sambal bajak sepertinya cocok dimakan oleh orang yang tidak terlalu suka pedas. Sambal bajak bisa disajikan dengan nasi hangat dan lauk seperti ayam goreng atau ikan goreng. Sambal bajak terbuat dari cabe rawit, cabe merah, bawang putih, tomat merah, dan terasi.

Sambal Ijo (Lemonilo)