Sebutkan Unsur-unsur Iklan Agar Dapat Menarik Konsumen Membeli Sebuah Produk

Mahasiswa marketing pasti pernah diminta untuk sebutkan unsur-unsur iklan, lalu bagaimana caranya menarik perhatian konsumen?

Jika kamu adalah seorang mahasiswa jurusan marketing, pasti pernah disuruh dosen untuk sebutkan unsur-unsur iklan. Lantas, tahukah kamu jawabannya?

Iklan bisa dijumpai di mana-mana dalam berbagai bentuk. Setiap hari kita bisa menemukannya di papan reklame, media online, televisi, radio, koran, dan media penyampaian yang lainnya.

Iklan adalah komponen yang penting dalam kegiatan bisnis untuk memperkenalkan dan menarik konsumen agar membeli produk atau jasa yang dijual. Dalam ukuran atau durasi yang terbatas, informasi produk harus tersampaikan dengan baik dan tepat.

Untuk itu, pihak penjual harus mengetahui unsur-unsur iklan agar promosi berjalan lancar dan mendapat hasil sesuai target. Berikut ini unsur-unsur iklan yang wajib diketahui.

Nama Produk

Sebagai identitas, nama produk harus ditampilkan secara menonjol agar mudah dikenali oleh calon pembeli. Nama produk haruslah yang bagus dan kreatif agar calon pembeli mudah mengingatnya.

Sebutkan Unsur-unsur Iklan (via Desain Logo Design)

Gambar Produk

Iklan tidak akan menarik jika berupa tulisan saja. Gambar yang menarik dan eye-catchy akan membuat calon pembeli menyimak iklan yang dilihatnya.

Keunggulan Produk

Keunggulan-keunggulan produk atau jasa yang akan diiklankan harus disertakan dalam iklan. Ini akan membantu menggaet target konsumen produk atau jasa yang dijual.

Slogan, Kalimat Deskriptif dan Persuasif

Slogan yang singkat dan menarik akan membuat calon pembeli tertarik dan mudah mengingat produk yang diiklankan. Kalimat yang digunakan dalam iklan juga harus menjelaskan dan menguraikan produk atau jasa dengan spesifik. Selain itu, kalimat ajakan juga diperlukan agar calon pembeli semakin penasaran, membeli, dan menjadi konsumen.

Sebutkan Unsur-unsur Iklan (via Kilas Jogja News)

Kepercayaan Konsumen

Akan menjadi nilai lebih jika dalam iklan menyertakan bukti berupa testimoni dari konsumen tetap atau tokoh. Hal ini akan membuat pembeli lebih percaya lagi dengan produk atau jasa yang diiklankan itu.

Kontak Penjual

Unsur penting lainnya adalah menyertakan kontak penjual berupa alamat website, alamat toko, akun media sosial, serta nomor telepon. Ini akan membantu penjual untuk menjalin komunikasi yang baik dengan calon pembeli.

Nah, sekarang sudah bisa menjawab, kan, kalau disuruh dosen untuk sebutkan unsur-unsur iklan? Semoga bermanfaat, ya!

Sebutkan Unsur-unsur Iklan (via Belajar Itu Mudah Blogger)