Deretan Hewan Terkecil di Dunia Ini Ternyata Memiliki Bentuk yang Lucu

mulai dari kelelawar, musang hingga hewan pengeran. Berikut adalah deretan hewan terkecil di dunia

Mungkin kamu mengira semutlah yang merupakan hewan terkecil di dunia. Well, memang tidak salah. Namun ternyata selain semut ternyata ada banyak jenis hewan terkecil di dunia lainnya yang jarang kita ketahui.

Penasaran apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Pygmy Jerboa

Hewan satu ini merupakan pengerat terkecil yang ada di dunia. Panjang tubuhnya hanya sekitar 4cm dan ekornya bisa mencapai 7,6cm. Ia juga disebut memiliki telinga yang lebar dibandingkan tubuhnya. Biasa ditemukan di padang pasir Afrika Selatan dan Asia.

Bumblebee Bat

(National geographic)

Disebut sebagai kelelawar terkecil di dunia dan mamalia terkecil karena beratnya hanya 1,9 gram dan panjangnya hanya 2,9 cm saja. Hewan ini dinyatakan terancam punah sejak Agustus 2018 lalu.

Least Weasel

(earthporm.com)

Musang terkecil di dunia ini menjadi karnivora terkecil di dunia juga. Jangan salah meski panjangnya hanya 17cm untuk jantan dan 12,7 cm untuk betina, namun mereka adalah karnivora yang mematikan bagi tikus-tikus kecil.

African Pygmy Mouse

((Shutterstock)

Tikus ini memiliki ukuran sebesar 3-7,8cm saja, dengan berat badan hanya sekitar 3 gram. Karena kecil, mereka mampu mencukupi kebutuhan air harian hanya dengan satu tetes air yang menggenang di atas batu kecil. Tikus ini juga sering dijadikan peliharaan.

((Shutterstock)