Mengenal Distemper Kucing dan Cara Mengobatinya

Mengenal Distemper Kucing dan Cara Mengobatinya

Pernahkah kamu mendengar tentang distemper kucing? Jika iya, sebenarnya itu adalah sebuah penyakit yang mudah menyebar dan mematikan.

Distemper kucing adalah penyakit virus yang bisa menjangkit kucing dan bersifat sangat menular. Nama lainnya adalah feline panleukopenia (FPV), penyakit ini termasuk penyakit mematikan dan mengancam nyawa.

Karena virus ini mampu menyerang sel darah merah di saluran usus, sum-sum tulang, kulit dan sel induk. Penyakit ini juga bisa memicu anemia dan penyakit lainnya.

Setelah menghancurkan sel darah merah, kucing akan lebih mudah terkena infeksi karena tidak ada sistem pertahanan tubuh yang melindunginya.

Freepik)

Penularan

Penularan ini mudah terjadi pada kucing, mengingat mereka sering melakukan kontak lewat saliva, kotoran hidung, darah air seni, hingga feses dari kucing yang telah terinfeksi. Parahnya, kutu kucing juga bisa jadi perantara dari penularan penyakit ini.

Gelaja

Ada banyak gejala penyakit ini diantaranya, demam, bersin berlebihan, diare, dehidrasi, kesulitan berjalan, penurunan berat badan, bulu kasar, hilang nafsu makan, depresi, anoreksia,

(royal canin)

Cara Mengobati

Mengingat 90% kucing yang terkena virus ini akan mati, maka kamu harus segera melakukan tes jika menemukan gejala penyakitnya. Lakukan tes virus FeLV dan FIV, perhitungan darah lengkap, tes elektrolit, urin, feses dan rontgen dada juga perut.

Sayangnya hingga saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar menghilangkan penyakit ini 100%, karena itu kemungkinan kucing yang terinfeksi akan dirawat inap.

9(Freepik)