Sering Terdengar, Sebenarnya Apa Itu Incest?

banyak netizen mengaku masih bingung dengan arti kata tersebut. Lalu, sebenarnya apa itu incest?

Netizen akhir-akhir ini sudah mulai akrab dengan istilah incest lantaran kata tersebut sempat menjadi trending nomor satu di sodial media Indonesia. Meskipun begitu, banyak netizen mengaku masih bingung dengan arti kata tersebut. Lalu, sebenarnya apa itu incest?

Para ahli mengatakan bahwa pengertian incest adalah perkawinan antar dua individu yang masih memiliki keterkaitan secara genetik dan DNA atau masih satu garis keturunan keluarga. Biasanya incest dilakukan oleh kakak dan adik, ayah dan anak perempuan, ibu dan anak laki-laki, atau paman dengan keponakannya.

Sedangkan menurut kamus Bahasa Indonesiam pengertian incest atau inses adalah hubungan seksual atau perkawinan antara dua orang yang bersaudara dekat yang dianggap melanggar adat, hukum, atau agama.

Ya, incest atau perkawinan sedarah memang dilarang hampir di semua budaya dan agama. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, selain melanggar etika dan moral, ternyata perkawinan sedarah atau incest juga berakibat buruk pada keturunan yang dihasilkan.

Ilustrasi Incest (via Medium)

Menurut para ahli, anak dari perkawinan sedarah atau incest menghasilkan varian DNA yang sedikit, hal tersebut dapat menyebabkan anak dari perkawinan sedarah rentan mengalami berbagai penyakit genetik yang langkah.

Akibat buruk lainnya adalah cacat sejak lahir, seperti wajah yang asimetri, mengalami bibir sumbing, memiliki gangguan jantung dan organ dalam lainnya, atau kekerdilan hingga dewasa. Bahkan beberapa kasus terjadi kematian neonatal yang berarti terjadinya kematian pada bayi yang baru saja lahir.

 

Ilustrasi Incest (via The Asian Parent)

Jika melihat penjelasan apa itu incset di atas, ada baiknya incest atau perkawinan sedarah tidak memang dilakukan. Karena akan berakibat buruk bagi keturunan secara biologis maupun dari pandangan masyarakat secara moral.

Ilustrasi Incest (via Okezone)