Siapa yang paling diterima komunitas gamer untuk menyiarkan konten bermain game mereka secara online? Apakah YouTube Gaming, Twitch, Nimo TV atau bahkan Nonolive? Kayaknya yang dua terakhir kita kesampingkan dulu. Perseteruan terbesar tetap milik YouTube Gaming dan Twitch TV.
Sementara ini Twitch memang secara eksklusif menguasai pasar konten video gaming, khususnya untuk segmen streaming konten. Imbasnya YouTube sebagai pemiliki YouTube Gaming terpaksa akan "mematikan" program tersebut. Untuk kemudian dirombak ulang ke dalam tampilan utama website YouTube.com.
Menurut Kepala Gaming Global YouTube, Ryan Wyatt, saat ini pasar game di website mereka secara kuantitas lebih besar dari yang pernah ada. "50 miliar jam konten Gaming ditonton di YouTube dalam 12 bulan terakhir dan 200 juta pengguna harian yang masuk menonton game setiap hari di YouTube," kata Wyatt dalam tweet-nya.
Pasar ini tentu tidak akan dilewatkan oleh perusahaan. YouTube Gaming sekarang akan ditayangkan di situs utama di “youtube.com/gaming.” Sedangkan YouTube standar sendiri akan ditampilkan di sidebar kiri bersama dengan trending dan YouTube Premium.
Tampilan YouTube Gaming yang akan dimatikan (9to5Google.com)
Kelebihan lain dari perombakan ini adalah YouTube membuat fitur yang akan membantu komunitas tumbuh berkembang. Pada laman utama akan ada satu panel yang fungsinya menyoroti pembuat konten baru yang sedang naik setiap minggu. Gamer yang direkomendasikan pertama, disebut Gaming Creator on the Rise.
Setiap perubahan ini memang berangkat dari hasil pengujian mereka pada program YouTube Gaming. Seperti fitur Super Chat tempat pengguna dapat membayar agar komentar mereka di kolom obrolan mendapat sorotan sehingga mudah di baca gamer atau penonton lain saat streaming.
Dengan banyaknya fitur YouTube Gaming maka wajar jika pihak pengembang masih membutuhkan waktu hingga Maret tahun depan untuk benar-benar mengasimilasi program tersebut di situs utama. Istilah anak IT masih banyak yang perlu di-porting-kan.
Tweet dari Ryan Watt (twitter @Fwiz)
Upaya dari YouTube memang berat, apalagi mereka harus mengejar Twitch TV yang pada tahun 2014 mendapat suntikan dana sebesar $1 miliar dari Jeff Bezos, Amazon.
Apalagi kecenderungan perilaku pengguna sudah terlebih dahulu spesifik. Memang YouTube Gaming dikunjungi 200 juta pecinta game dan menyaksikan 50 miliar jam video setiap harinya.
Namun sebagaian besar untuk menonton video rekaman saja. Sedangkan Twitch akan tetap menjadi raksasa di dunia livestreaming dengan 15 juta pengunjung setiap hari.
Twitch TV sebagai raja streaming game (twitch.tv)