5 Teknik Pembuatan Produk Kerajinan Bahan Keras

Desc: Produk kerajinan bahan keras tengah ramai menjadi incaran banyak orang, bagaimana cara pembuatannya?

Apakah kalian pernah mendengar istilah produk kerajinan bahan keras? Yup, produk kerajinan yang satu ini tengah ramai menjadi incaran banyak orang. Seperti namanya, produk ini adalah kerajinan yang terbuat dari bahan dasar yang bersifat keras.

Bahan dasarnya pun terbagi menjadi dua, yakni bahan keras alami dan bahan keras buatan. Bahan alami meliputi, kayu, rotan, bambu, dan lain-lain. Sedangkan bahan buatan seperti, kaca, kawat, kaleng, dan masih banyak lagi. Selain bahannya, teknik untuk pembuatan produk kerajinan bahan keras pun ada berbagai macam. Berikut ulasannya:

1. Teknik Anyam

Teknik anyam biasanya digunakan untuk bahan dasar seperti bambu, rotan, dan juga plastik. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan menggabungkan atau menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya yang unik dan menarik.

2. Teknik Las

Teknik Anyam (via BukaBukumu)

Untuk teknik las, bahan dasar yang digunakan berupa logam, timah, dan sejenisnya. Produk kerajinan las dibuat dengan cara menyambung logam dengan mencairkan sebagian dari logam utama dan pengisi.

3. Teknik Patri

Teknik Las (via Surabaya Proxsis Group)

Produk dengan teknik patri biasanya masih satu turunan dengan teknik las. Tidak jauh berbeda dengan teknik las, teknik patri adalah teknik penyambungan dari bahan logam yang terpengaruh panas dengan bantuan dari bahan campuran atau tambahan logam.

4. Teknik Ukiran

Teknik Patri (via Gizigo.com)

Tentu sudah tak asing lagi dengan teknik yang satu ini. Ya, teknik ini bisa dijumpai di beberapa kota seperti Bali atau Jepara. Teknik ukiran adalah teknik yang digunakan pada bahan kayu atau batu untuk membuat suatu pola atau bentuk tertentu.

5. Teknik Bubut

Teknik Ukiran (via Muhaemin-af.com)

Teknik bubut biasanya digunakan seorang pengrajin saat membuat suatu produk yang rapi, simetris dan bulat. Teknik ini menggunakan alat bubut untuk mengiris dan membentuk benda, seperti asbak atau vas bunga dari kayu.

Itulah 5 teknik cara pembuatan produk kerajinan bahan keras. Bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin membuat kerajinan tangan atau mengisi waktu di tengah pandemi. Semoga bermanfaat!

Teknik Bubut (via Youtube)