Elon Musk Dinobatkan Sebagai CEO dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, Berapa Ya Gajinya?

Elon Musk Dinobatkan Sebagai CEO dengan Bayaran Tertinggi di Dunia, Berapa Ya Gajinya?

Dalam laporan Bloomberg, Elon Musk dinobatkan sebagai CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat untuk ketiga kalinya berturut-turut. Gaji tahunannya yang lebih dari US$6,6 miliar lebih dari dua belas kali lipat kompensasi CEO Oak Street Health Mike Pykosz, yang menduduki peringkat kedua dalam daftar tahun ini dengan gaji tahunan US$568 juta.

Margin raksasa antara dua CEO dengan bayaran terbaik di Amerika dengan sempurna menggambarkan betapa sangat tinggi kompensasi Musk pada tahun 2020.

Tidak seperti karyawan biasa, gaji Musk seluruhnya terdiri dari penghargaan opsi saham, yang nilainya meningkat secara besar-besaran karena harga saham Tesla yang meroket. Setelah dua pertiga investor Tesla menyetujui paket kompensasi mewah Musk, nilai pasar pembuat kendaraan listrik yang berbasis di California itu telah meningkat sepuluh kali lipat pada tahun 2020.

CEO terkenal lainnya di industri teknologi hanya berhasil mencapai posisi kedelapan dalam daftar tahun ini. Pekerjaan bos Apple Tim Cook dihargai hanya dengan US $ 265 juta, gaji yang cukup moderat dibandingkan dengan Musk.

CEO Oak Street Health Mike Pykosz (oakstreethealth.com)

Di bawah manajemen Tim Cook dan berkat iPhone 12 yang sukses, Apple baru-baru ini menjadi perusahaan paling menguntungkan di dunia. Sangat lucu untuk melihat bahwa jika keinginan Musk untuk menjadi CEO Apple pada tahun 2016 menjadi kenyataan, gajinya mungkin akan sedikit lebih rendah akhir-akhir ini.

# Berkat Saham Tesla

Bos Apple Tim Cook (economy.okezone.com)

Tesla mencapai berbagai tonggak sejarah untuk kapitalisasi pasar dan pendapatan atau Ebitda — penghasilan sebelum bunga, perpajakan, depresiasi, dan amortisasi.

Secara keseluruhan, paket pembayaran memberi Musk opsi yang akan memberinya hak untuk membeli total 101,2 juta saham Tesla dengan harga yang disesuaikan sebesar $70 per saham. (Saham Tesla saat ini diperdagangkan di utara $670 masing-masing.) Paket kompensasi dibagi menjadi 12 tahap, yang masing-masing dapat dibuka hanya ketika Tesla mencapai tonggak tertentu.

Mobil canggih bikinan Tesla (tekno.kompas.com)