AC Alami, Ini 8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem

AC Alami, Ini 8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem

Tanaman nggak cuma menunjang keindahan interior, tetapi juga dipercaya dapat membersihkan udara di rumah kamu lho. Tanpa perlu pakai pendingin ruangan alias AC, menyegarkan rumah secara alami bisa kamu siasati dengan menanam tanaman yang bisa menyerap udara panas.

Jenis tanaman berikut ini mampu mengurangi suhu panas yang ada di lingkungan rumah. Hanya dengan menanamnya di dalam rumah, hunianmu akan menjadi lebih bersih dan sejuk. Apa aja? Mari simak ulasan berikut.

1. Sri Rejeki (Aglonema)

Tanaman sri rejeki atau aglonema cukup populer di kalangan penyuka tanaman hias sebab memiliki banyak varietas. Tanaman ini berwarna umum merah, namun beberapa varietas memiliki warna keperakan pada bagian tengah daun.

Hal lain yang menjadi primadona dari tanaman ini adalah kemudahan dalam merawat dan daya tahannya. Aglaonema dapat tumbuh di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan rendah dan udara yang lembap sekalipun.

Tanaman ini juga dikenal dengan kualitas penjernihan udara dan tingkat transpirasi yang tinggi, saat melepaskan air kembali ke atmosfer. Selain itu, aglonema hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari, menjadikannya tanaman pemeliharaan rendah yang sempurna.

2. Palem Kuning

Aneka jenis tumbuhan palem, seperti palem jari, palem kuning, pakis, Livistona, dan Caryota mitis memiliki stoma kecil yang dapat menyerap karbon dioksida serta melepaskan oksigen. Semakin besar permukaan daunnya, kian banyak oksigen yang dihasilkan.

Nggak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman ketika cuaca sedang panas.

Rutin melakukan misting (pembasmian hama) secara mingguan dapat membuat tanaman ini tetap sehat dan meningkatkan kelembapannya.

3. Sirih Gading

8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem (Wikipedia)

Tanaman yang satu ini juga ampuh membuang racun seperti xilena, benzena, karbon monoksida, serta formaldehid di ruangan sehingga rumah terasa lebih bersih dan sejuk.

Perawatannya juga sangat mudah, tidak membutuhkan banyak air dan pastikan terkena matahari langsung. Pastikan tanaman disimpan di tempat yang memiliki cukup ruang karena tumbuh dengan cepat.

4. Lidah Mertua

Daun lidah mertua memiliki kandungan air yang tinggi sehingga ketika tanaman ini mengalami proses kehilangan air melalui penguapan, ia akan melepaskan uap air dingin yang menguap ke udara.

Lidah mertua dikenal mampu melepaskan oksigen sehingga membuat udara tetap sejuk di cuaca panas yang terik. Tanaman ini diketahui juga mampu membantu menghilangkan racun seperti benzena dan formaldehida di udara.

Tanaman ini menyukai sinar matahari, oleh karena itu, jika ingin menjadikannya tanaman dalam ruangan, kamu bisa menempatkannya di pinggir jendela.

Selain agar pertumbuhan tanaman lebih optimal, meletakannya di pinggir jendela juga bisa membantu menghalangi sinar matahari berlebihan yang masuk ke ruangan. Kondisi itu juga akan menciptakan kesejukan.

5. Karet Merah (Rubber Plant)

8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem (Wikipedia)

Tanaman karet merah bermanfaat dalam meningkatkan kelembapan di dalam ruangan sehingga akan memberikan efek udara yang lebih sejuk di dalam rumah.

Semakin banyak daunannya, akan kian besar kelembapan yang kembali dilepaskannya ke udara. Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya, kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun.

Tips tambahan, beri sedikit air agar tanahnya tetap lembap secara merata dan tempatkan tanaman di area yang terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung.

6. Lidah Buaya

Selain sebagai tanaman hias, lidah buaya dikenal sebagai bahan pembuatan shampoo dan bisa diolah sebagai bahan makanan, produk kecantikan, dan memiliki khasiat dalam pengobatan.

Selain itu, tanaman yang satu ini ternyata juga bisa menurunkan suhu ruangan sehingga rumah akan terasa lebih sejuk. Lidah buaya juga dipercaya cukup efektif meningkatkan kualitas udara ruangan, dengan memurnikan racun jenis formaldehida.

Walaupun lidah buaya lebih menyukai lingkungan dengan sinar matahari dalam jumlah yang minim, namun jangan lupa untuk menyiram tanaman ini lebih teratur di bulan-bulan dengan cuaca panas, ya.

7. Lili Paris (Spider Plant)

8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem (FLORA DIRGANTARA)

Spider plant atau lili paris adalah jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh. Seperti tanaman lainnya yang bisa membawa kesejukan ke lingkungan sekitarnya, lili paris tidak hanya menyejukkan udara, tetapi juga bisa menyerap racun di udara.

Tanaman ini cocok dengan lingkungan yang semi-teduh dan memiliki paparan cahaya cukup. Tanaman ini memerlukan campuran pot yang dikeringkan dengan baik serta penyiraman teratur ketika cuaca panas.

Lili paris dewasa akan menghasilkan planlet kecil di ujung batangnya, yang dapat dipotong dan diletakkan di pot untuk menghasilkan tanaman baru dengan sangat mudah.

8. Tanaman Ara (Weeping Fig)

Weeping fig atau biasa dikenal dengan tanaman ara merupakan salah satu tanaman yang termasuk penyaring udara terbaik.

Tanaman ini juga dapat menyaring udara dari bahan kimia yang ada dalam ruangan. Dengan daun yang lebat, tanaman ini dinilai dapat menjaga kelembapan udara dalam ruangan.

Inilah yang membuat ruangan dalam rumah dengan tanaman weeping fig ini akan terasa jadi lebih sejuk. Selain itu, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dalam perawatannya.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan yaitu tanaman ini berbahaya bagi kucing atau anjing peliharaan di rumah. Jadi, dapat pastikan hewan peliharaan kamu tidak mendekat bahkan memakan daun dari tanaman ini.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman penyejuk ruangan. Kamu bisa mencoba menanamnya di dalam rumah supaya ruangan di dalam rumah akan menjadi lebih bersih dan tidak mudah membuat gerah atau panas. Semoga informasi di atas bermanfaat!

8 Jenis Tanaman Penyejuk yang Bikin Rumah Jadi Lebih Adem (Dekoruma)