Gampang Banget! Ini Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan di Rumah, Nggak Usah Capek ke Bengkel

Perawatan mobil sebenarnya bisa dilakukan di rumah, tak perlu harus keluar rumah untuk datang ke bengkel.

Memiliki mobil berarti harus melakukan perawatan ekstra agar kendaraan tetap dalam kondisi baik. Dalam merawat mobil sebenarnya tidak diharuskan dilakukan di bengkel, bila tidak ada kerusakan berarti. Jadi beberapa perawatan mudah dilakukan di rumah saja.

Apalagi mobil sering dipakai setiap hari. Otomatis perawatan dari segi eksterior dan interior harus dilakukan sedemikain rupa supaya kondisi mobil tetap terjaga. Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana merawat mobil di rumah yang gampang banget bisa kamu lakukan.

1. Mencuci Mobil

Meski menjamurnya jasa pencucian mobil di banyak tempat, tidak ada salahnya sekali-kali kamu bisa mencuci mobil sendiri di rumah. Mobil memang harus dicuci agar kotoran atau debu yang menempel pada body mobil bisa dibersihkan. Mobil yang bersih dan rapi tentu merepresentasikan siapa pemiliknya.

2. Bersikan Interior Mobil

Setelah mencuci mobil bagian luar, jangan lupakan untuk membersihkan bagian interior dalam mobil. Khususnya pada bagian jok mobil, langit-langit, dan karpet mobil. Meskipun tak terlihat dari luar, membersihkan bagian dalam mobil wajib dilakukan. Tidak mau dibilang jorok oleh orang yang ikut mobil kamu kan?

3. Isi Radiator

Mengecek air radiator harus dilakukan dengan rutin, jangan sampai air radiator kosong sehingga bisa mempengaruhi kondisi mesin mobil. Air radiator berfungsi sebagai pendingin mesin mobil agar tidak alami overheat atau terlalu panas karena bisa menjaga temperatur suhu mesin agar optimal.

Ilustrasi Mencuci Mobil di Rumah (Tempo.co)

4. Panaskan Mesin Mobil

Setelah radiator terisi dengan air, jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil. Mesin mobil harus rutin dipanasi walaupun tidak dipakai keluar rumah. Memanaskan mobil rutin dua hari sekali pada pagi hari misalnya, untuk memberikan waktu pelumas bersirkulasi di dalam mesin, sekaligus bisa mengecek kondisi mesin saat dipanaskan.

5. Cek Kondisi Ban Serep

Hal ini jarang dilakukan pemilik mobil karena lebih sering mengecek kondisi 4 ban yang ada di mobil. Jadi cek kondisi ban serep yang biasanya jarang terlihat. Keluarkan ban serep dengan hati-hat dan ukur tekanan udara, bila kurang sebaiknya untuk segera mengisi kembali tekanan udara. Tekanan udara ban serep biasanya kurang karena jarang dipakai dan terlalu lama disimpan.

Ilustrasi Isi Radiator (GridOto)