Cara Menangkap Tokek Tuh Gini Gengs... Niscaya Ketrentaman akan Kembali~

Tokek menghuni rumah sebenarnya wajar-wajar saja, tapi bisa jumlahnya banyak dan besar-besar perlu ditangkapi juga sih. Yuk kita cari tahu cara paling efektif menangkap tokek.

Rumah kalian dihuni tokek? Kalo hanya sekali-kali muncul sih nggak masalah. Tapi kalau sering keluar dan besar-besar ngeganggu juga sih. Hewan yang biasanya aktif pada malam hari ini masih kerabat dengan reptil. Mereka mencari makan semacam serangga kecil, nyamuk, jangkrik, atau laron.

Tak hanya di rumah, beberapa jenis tokek di pohon-pohon, tebing, bebatuan, sarang walet, dan dinding-dinding bangunan lainnya. Tokek dianggap mengganggu karena mempunyai suara yang sangat khas dan nyaring sehingga memcah ketentraman malam hari.

Tokek (greeners.co)

Saat seperti itu kalian pasti ingin segera menangkap tokek tersebut. Apalagi kabarnya kalau dapat yang besar bisa dijual untuk selanjutnya dijadikan obat. Banyak yang percaya bahwa tokek dapat menyembuhkan beragam penyakit seperti alergi kulit, asma, kanker, dan beberapa penyakit lainnya. Lumayan kan, sekali menangkap tokek, 2-3 masalah terlampaui.

Lantas bagaimana cara menangkap tokek penghuni rumah? Tak sebegitu sulit sebenarnya. Berikut adalah metode-metode yang bisa kalian terapkan sendiri. Selain kalian harus sigap dan teliti. Antara lain adalah:

# Menggunakan Tangan

Sebagai hewan penghuni rumah, tokek terhitung sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Sehingga ia tidak akan lari jika didekati. Jika kalian sigap dan cekatan, kalian bisa menangkapnya cukup dengan tangan saja. Lindungi tangan dengan sarung tangan dulu ya gengs sebelum menangkap.

Pakai sarung tangan sih kalau bisa (bukalapak.com)

# Pakai Jaring

Bagi kalian yang jijik menangkap tokek dengan tangan, kalian bisa pakai alat bantu seperti jaring. Jaring yang dipakai adalah jaring yang biasa digunakan untuk menangkap ikan atau serangga. Saat tokek mulai muncul dan bersuara, segera sergap buruanmu dengan jaring. Usahakan pilih jaring yang cukup rapat dan ringan saat diayun.

Jaring untuk menangkap tokek (maqsalina.blogspot.com)

# Jebak dengan Tembakau

Tembakau kering dapat digunakan untuk menjebak tokek, dengan cara sedikit meracuninya. Remas dan bentuk tembakau sebesar biji jagung atau biji kacang kedelai. Letakkan tembakau tersebut di area kemunculan tokek. Jika tokek memakan tembakau tersebut, mereka akan lemas atau mabok. Mudah deh ditangkap kalau sudah begini kan.

Tembakau kering (pixabay.com)

# Jebak dengan Potongan Bambu

Cara menangkap tokek dengan potongan bambu cukuplah mudah. Kalian hanya perlu sepotong bambu berukuran 50 cm. Biarkan satu sisi batang bambu terbuka dan sisi lainnya tetutup. Letakkan bambu tersebut pada area yang sering dilalui oleh tokek. Biasanya tokek akan tertarik masuk ke lubang bambu untuk beristirahat sementara ataupun menjadikannya sebagai hunian baru. Kalau ada yang terjerat, segera mungkin langsung tutup lubang bambu agar tokek tidak kabur dan lepas lagi.

Potongan Bambu (indotrading.com)

# Perangkap Tikus

Perangkap tikus juga bisa digunakan untuk menangkap tokek berukuran besar. Cukup ganti umpan yang biasanya digunakan untuk menangkap tikus dengan serangga atau makanan tokek yang lain. Usahakan masih hidup sehingga menarik perhatian tokek.

Perangkap tikus (ferrekasa.com)